Berapa lamakah efek sabu bertahan dalam urin?

AN* Info Penanya: AN*
Selamat malam dokter saya mau tanya saya sebelmnya tidak pernah memakai zat seperti sabu selama ini, tiba tiba saya ketemu sahabat lama sudah belasan tahun tidak ketemu sahabat tsb tiba tiba saat saya ketemu sahabat . Saya di paksa memakai zat seperti sabu.. karna menghargai saya Coba isap zat tersebut 3 kali. Isap..setelah 2 Minggu saya di test oleh BNN urine saya....Pertanyaan saya apakah selama 2 minggu urine saya masih positif ..zat tersebut..mohon bantuan nya karna saya kepikir terus .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, R

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa narkoba adalah narkotika dan obat terlarang. Sabu merupakan salah satu contoh dari jenis dari narkoba yang kerap kali disebut dengan istilah methamphetamine. Efek yang ditimbulkan dari menggunakan obat terlarang jenis ini adalah berupa stimulan sehingga memberikan efek kesenangan yang dapat menyebabkan kecanduan bagi penggunanya. Sabu ini berwarna putih, pahit dan juga mudah larut dalam air. 

Adapun efek samping dari penggunaan sabu adalah:

  • Terdapat masalah pada jantung dan sistem pebuluh darah seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, penyakit kadiomiopati, dan lain sebagainya
  • Dapat terjadi kerusakan otak
  • Tremor
  • Mual dan atau muntah
  • Infeksi virus hepatitis dan atau HIV AIDS
  • Timbulnya masalah pada rongga mulut seperti gigi berlubang, infeksi pada gusi, mulut kering dan lain sebagainya
  • Terjadi masalah psikologis pada pengguna berupa kecemasan, depresi, halusinasi dan lain-lain

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan apabila yang anda konsumsi adalah methamphetamine, zat ini dapat dideteksi pada urin sekitar 3- 6 hari tergantung dari seberapa banyak dan bagaimana zat tersebut Anda konsumsi. Sebaiknya konsultasikan kepada dokter terdekat bila terdapat keluhan setelah mengonsumsi sabu.

Konsumsilah makanan sehat dan bergizi, perbanyak sayur dan buah, berusahalah berpikiran positif, lakukan olahraga ringan agar badan tetap sehat dan bugar, serta cukupi kebutuhan cairan harian Anda agar tidak dehidrasi.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terapi psikologi dilakukan dengan cara mengobrol antara pasien dengan psikolog

Jenis-jenis Terapi Psikologi Sesuai Kondisi Kejiwaan

Terapi psikologi bisa membantu Anda mengatasi masalah mental atau emosional sehingga dapat beraktivitas relatif normal dan terkendali. Berikut adalah beberapa jenis terapi psikologi yang bisa diambil.