Bagaimana cara mengetahui kadarluarsa obat racikan sipentin?

A Info Penanya: A, Wanita
Dok, krn ada CTS saya tiap sekian pekan kontrol ke speliasis saraf di RS (pakai JKN). Di kunjungan terakhir, spt biasa diberi sipentin, cuma kali ini "racikan" (dikemas dlm kapsul2 kosong). Masalahnya pihak apotik RS lupa tulis tgl kadaluarsanya, jd pertanyaan saya, itu obat kira2 bisa tahan sampai kapan ya Dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, W.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sipentin merupakan salah satu jenis merek obat yang berisi gabapentin. Gabapentin sendiri digunakan untuk mencegah kejang berulang pada penyakit epilepsi dan meredakan nyeri neuropati. Pemakaian obat ini harus berdasarkan dari resep dokter. Jadi, tidak bisa dikonsumsi secara sembarangan. Efek samping dari obat ini sendiri yaitu depresi, nafas yang lambat dan dangkal, alergi, muntah darah, koma, kebingungan, dll.

Bentuk obat ini bisa berupa tablet, kapsul, dan sirup. Jika dibentuk dalam racikan di kapsul, maka penyimpanan obat ini sama dengan obat-obat yang lain, yaitu disimpan dalam suhu ruangan, bungkusnya harus tertutup rapat, dan jauhi dari jangkauan anak-anak. Jika disimpan dengan baik, maka obat ini bisa digunakan dalam jangka waktu 1-2 bulan. Tetapi, jika sudah terjadi perubahan warna pada kapsul dan bentuk kapsul menjadi lembek, sebaiknya jangan dikonsumsi dan segeralah kembali ke dokter saraf Anda agar diberikan obat yang baru.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Aktivitas keseharian dapat terganggu oleh penyakit kelainan pada sistem gerak

Kenali Berbagai Kelainan pada Sistem Gerak Manusia

Kelainan pada sistem gerak bisa berupa adanya gerakan yang dilakukan secara berulang dan tidak disadari sampai ketidakseimbangan pada tubuh. Salah satu dari beberapa kelainan pada sistem gerak manusia yang sering dijumpai adalah parkinson, ataksia, dan sebagainya.