Jus apa saja yang baik untuk hipertensi?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, ibu saya memiliki tensi yang cukup tinggi. Beliau susah sekali disuruh makan buah dan sayur. Kalau dibuat dalam jus, sebaiknya campuran jus apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, FF.

Hipertensi adalah kondisi tekanan darah lebih tinggi daripada normal. Faktor risiko seseorang terkena hipertensi adalah berusia lanjut, obesitas, atau menderita penyakit metabolik lainnya seperti diabetes. Seseorang yang terkena hipertensi biasanya tidak mengalami gejala apapun. Mereka baru mengetahui terkena hipertensi ketika pemeriksaan rutin atau ketika sudah menjadi komplikasi.

Apabila ibu Anda menderita hipertensi, salah satu faktor yang paling penting dalam proses penyembuhan adalah pola makan. Penderita hipertensi sebaiknya membatasi asupan garam tidak lebih dari 2/3 sendok teh per hari. Selain itu, penderita hipertensi juga disarankan mengurangi juga makanan berlemak tinggi dan berminyak.

Salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh mereka yang menderita hipertensi adalah sayur dan buah-buahan. Beberapa jenis buah dan sayur yang dipercaya membantu penyembuhan hipertensi adalah alpukat, seledri, mentimun, delima, tomat, dan nanas. Atau, Anda bisa mencampurkan lebih dari satu jenis buah dan sayur untuk diblender.

Anda juga bisa mencampurkan kacang-kacangan dan biji-bijian pada jus yang mengandung lemak sehat. Atau, campurkan dengan bubuk rempah seperti kunyit, kemangi, atau air rebusan kayu manis yang juga memberi manfaat bagi penderita hipertensi. Jangan lupa untuk mengonsumsi obat sesuai anjuran dan kontrol secara rutin ke dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, ya.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Antioksidan alami umumnya terkandung dalam berbagai buah dan sayuran

Cegah Penyakit Kronis dengan Rutin Konsumsi Sumber Antioksidan Alami Ini

Memulai gaya hidup sehat tak lengkap jika Anda tak mengenal sumber antioksidan alami. Ya, molekul antioksidan adalah kunci dalam mencegah kerusakan sel. Apa saja sumbernya?