11 Dec 2020, 17:47Gigi & Mulut

Penyebab pergerakan gigi dan rahang

UG
Info Penanya: UG0
Halo dok, saya umu 22 tahun, dan gigi saya dicabut bagian atas ada 2 gigi saat umur 16 tahun, saat ini jumlah gigi bagian atas saya hanya 9 buah gigi dok, apakah gigi saya yang dicabut tersebut tidak akan tumbuh lagi ? bagaimana solusinya dok? apakah satu satu solusi adalah dengan gigi tiruan atau bagaimana dok? Terimakasih
151 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang UG,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Malah pada gigi memang membuat penderitanya resah, bisa karena sakit gigi akibat gigi berlobang yang menjalar menjadi nyeri kepala, bisa karena gigi tumbuh, gigi goyang, maupun gigi yang sudah dicabut. Gigi permanen pada orang dewasa berjumlah 32 gigi yang akan tumbuh secara bertahap, ini jika gigi sudah tumbuh seluruhnya. Jika ada pencabutan gigi permanen, bisa karena gigi yang bermasalah atau gigi yang rusak, maka jumlah ini akan berkurang.

Penyebab pergerakan gigi dan rahang

Gigi permanen yang telah dicabut, tidak akan tumbul lagi. Namun gigi permanen yang belum tumbuh, dapat tumbuh di usia dewasa yang berbeda-beda tiap orang. Karena rongga yang kosong akibat gigi yang dicabut, akan membuat gigi berusaha menutupi rongga tersebut sehingga terjadi pergerakkan gigi dan rahang.Untuk mencegah terjadinya pergerakkan gigi dan rahang, Anda dapat menggunakan gigi palsu sebagai gigi pengganti di tempat yang kosong, dan menggunakan retainer gigi. Cek secara berkala kesehatan gigi Anda di dokter gigi minimal tiap 6 bulan. Sikat gigi dengan cara yang benar 2x sehari, gunakan pemesih mulut 1 kali sehari, dan rutin untuk bersihkan karang gigi.Semoga bermanfaat."Salam sehat.dr. Lidya Hapsari."
kesehatan gigisakit gigigigi sensitif
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil