Jumlah dan volume urin yang normal dalam sehari

R2 Info Penanya: R2, Wanita, 19 Tahun
Maaf dok saya mau tanya kenapa ya saya ini sering kencing Padahal saya jarang minum..setiap mau minum bnyak volume kencing makin bnyak juga....Dan ini berpengaruh banget pada kulit Kulit jadi kering
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi Nona R,

Jumlah dan komposisi urin yang diproduksi tubuh diatur oleh organ ginjal melalui suatu kerja sama yang kompleks dimana ginjal harus berkordinasi dengan organ kulit dalam sistem eksresi air, mineral, dan elektrolit, ketika suhu lingkungan panas dan kulit banyak berkeringat maka ginjal akan masuk ke tahap down regulation atau memproduksi urin sedikit saja sebaliknya di saat suhu lingkungan dingin dan kulit tidak banyak berkeringat maka sebagian besar eksresi air dan zat sisa metabolisme adalah lewat urin.

Ginjal juga terhubung dengan organ kelenjar adrenal dan otak dalam poros hormon yang saling berkomunikasi sebagai contoh hormon aldosteron yang mengatur kadar garam dalam tubuh dan hormon ADH (Antidiuretic hormon) yang mengatur kadar natrium dalam tubuh

Terakhir dengan persarafan otonom dan juga jantung dan pembuluh darah untuk memastikan tersedia volume darah yang cukup untuk sirkulasi dan kondisi fisiologis tubuh, sistem yang paling berperan ialah sistem RAA (renin- angiotensin - aldosteron), sel saraf juga dapat produksi zat aktif saraf seperti asetilkolin dan katekolamin yang berefek laju produksi urin sel ginjal.

Jumlah urin normal ialah 600- 1600 ml/hari hasil dari penyaringan normal sekitar 4 Liter volume darah yang melalui ginjal setiap harinya dan berubah sesuai pola makan dan minum dan aktivitas. Jumlah urin dapat lebih banyak pada beberapa keadaan misalnya:

1. Pada lingkungan yang dingin dan kulit tidak banyak berkeringat

Misalnya seharian di dalam ruangan tertutup yang ber-AC maka kulit akan kering karena kelembaban kurang di dalam ruangan, dan juga tidak berkeringat sehingga tubuh akan mengakitfkan produksi urin untuk mekanisme pembuangan

2. Pada hiperaktivitas saraf misalnya ketegangan, kecemasan

Sebagai respon stress aliran darah ke ginjal dan produksi urin meningkat sementara otot kandung kemih menegang sehingga daya tampungnya berkurang akibatnya rasa cepat penuh dan ingin BAK pun berlebihan.

3. Pada kadar gula darah yang meningkat

Pada pasien dengan gejala Diabetes dimana gula darah sampai 200 g/dL atau lebih maka glukosa yang mengalir ke ginjal akan melampau ambang kerja ginjal untuk menyaring dan menseleksi sehingga akan keluar apa adanya. Glukosa dalam urin sebagai molekul yang hiperosmotik akan menyerap air sehingga volume urin akan meningkat berkali lipat karena adanya glukosa ini. Itulah sebabnya penderita Diabetes banyak pipis (poliuria), banyak minum karena senantiasa kekurangan cairan relatif (polidipsi), dan penderita diabetes dikarenakan defek insulin sehingga makan banyak pun glukosa tidak diserap sel hanya menumpuk di darah dan urin makanya selalu merasa lapar (polifagia). 3P adalah trias klasik diabetes.

4. Pada gangguan otak dan pengeluaran hormon ADH yang terganggu

Otak dapat terganggu akibat cedera otak tumor otak atau gangguan nutrisi oleh pembuluh darah yang menuju otak. Bagian otak yang memproduksi hormon ADH ialah hipofisis, dan fungsi ADH ialah membatasi jumlah urin agar tubuh tidak kekurangan cairan dan osmolaritas cairan di dalam pembuluh darah terkait natriumnya netral. Dikatakan poliuria atau produksi urin terlalu banyak apabila dalam 24 jam melebihi 2500 ml.

5. Kerap kali pasien mengeluh pipisnya banyak padahal sebetulnya jumlah dan volume normal hanya frekuensinya saja. Nah frekuensi berkemih yang meningkat nama lainnya ialah anyang-anyangan disebabkan oleh infeksi di saluran kemih atau di kandung kemih. Gejalanya ialah BAK lebih sering namun setiap keluar sedikit saja dan juga ada rasa perih atau perubahan warna kekuningan sampai kehijauan dikarenakan ada bakteri.

Saya sarankan berkonsultasi dengan dokter di RS atau klinik terdekat. Dokter akan melakukan kajian mendetail, pemeriksaan fisik sistem kardiovaskular, hormon, dan persarafan, juga menentukan apakah ada gejala infeksi saluran kemih. Dokter juga akan memeriksakan darah rutin dan gula darah sewaktu dan volume urin tampung 24 jam, serta analisa urin apakah ada mengandung glukosa, bakteri, protein, dll yang menandakan gangguan fungsi ginjal dan hormon

Terakhir jika perlu dokter dapat melakukan diagnostik imaging dengan USG atau CT Scan untuk melihat organ-organ yang ada indikasi gangguan dalam produksi urin berlebih.

Yang dapat dilakukan di rumah adalah:

  1. Membawa botol minum berkapasitas besar agar sehabis pips segera menggantikan kadar air dan kelembaban tubuh dengan minum secukupnya
  2. Istirahat yang cukup dan hindari stress
  3. Pola makan yang seimbang jangan terlalu manis atau asin
  4. Menjaga kebersihan organ perkemihan maupun organ intim karena letaknya berdekatan

Coba perhatikan warna urin saat berkemih agar tahu lebih awal normal tidaknya urin Anda.

Salam sehat,

dr. Andry Yoshua

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Warna urine berbeda-beda, kondisi ini dapat dipengaruhi beberapa faktor

Makna di Balik Warna Urine Anda Secara Medis

Warna urine Anda mungkin berbeda dari biasanya, ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti makanan, obat dan kondisi medis tertentu. Warna urine normal adalah kuning muda hingga jernih.