Jika terlambat haid dan hasil test pack samar tetapi sempat flek kemudian USG hasilnya kosong. Apakah berarti tidak jadi hamil ?

W Info Penanya: W
Dok saya winda, mau tanya dok saya trahir menstruasi tgl 25 oktober tapi stelah itu saya tidak menstruasi lagi dok hingga tgl 12 november tapi tgl 13 &14 keluar flek merah dok stelah itu tgl 1 desember saya coba tespek hasilnya yg satu jelas yg satu samar. Kata bidan saya hamil 5 minggu dok. Tapi keluar lagi flek tgl 6 desember dok dikasih obat penguat janin ttep kluar flek, saya coba usg trnyata hasilnya kosong dok di tesprk ulang negativ. Apa saya ga jadi hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, W.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Tanda kehamilan awal yang paling umum adalah keterlambatan haid. Biasanya seorang wanita yang sudah menikah dan sedang menunggu kehadiran buah hati yang mengalami keterlambatan haid, akan segera melakukan test pack untuk mengecek apakah keterlambatan haid nya betul merupakan tanda kehamilan. Namun, test pack ini idealnya dilakukan seminggu setelah keterlambatan haid agar terhindar dari positif atau negatif palsu.

Terkait dengan keterangan Anda, hasil test pack yang samar dapat terjadi karena adanya kadar hormon kehamilan yang terbentuk tetapi rendah, dan bisa juga terjadi positif palsu. Namun, melihat hasil USG yang kosong dapat terjadi juga kemungkinan adanya kehamilan diluar rahim atau kehamilan ektopik, sehingga hormon kehamilan tetap terbentuk, namun telur yang dibuahi bertumbuh bukan di dinding rahim. Selain itu, flek yang terjadi mungkin saja disebabkan oleh kondisi keguguran, namun pada kondisi keguguran umumnya dapat terlihat sisa proses keguguran tersebut pada pemeriksaan USG.

Dengan demikian, dapat disimpulkan kemungkinannya yaitu test pack yang menunjukan positif palsu, kehamilan ektopik, ataupun keguguran. Namun penyebab pasti dan diagnosisnya perlu dipastikan dan dikonfirmasikan kembali oleh dokter Kandungan dan mungkin memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meningkatkan kesuburan atau fertilitas dapat dilakukan dengan menjaga berat badan tetap ideal

3 Cara Meningkatkan Kesuburan agar Cepat Hamil

Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan. Beberapa di antaranya meliputi: menjaga temperatur testis, menjaga berat badan tetap ideal, dan memilih obat-obatan yang aman untuk kehamilan.