Jika luka operasi terbuka apa obat untuk cepat kering

LI Info Penanya: LI, Pria
Dok jika luka operasi itu terbuka apa obat untuk agar cepat kering dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang LI,

Luka operasi yang terbuka dapat timbul karena beberapa hal seperti aktivitas fisik berlebih, perawatan luka yang kurang baik, tidak menjaga luka dengan baik, cedera ataupun lainnya. Luka yang terbuka sendiri dapat berpotensi menimbulkan infeksi luka pasca operasi.

Infeksi sendiri bsia ditandai dengan adanya tanda peradangan seperti luka yang tampak kemerahan, teraba hangat, keluar nanah, terasa nyeri, ataupun luka yang tidak kunjung sembuh.

Untuk itu perlu diperhatikan apakah ada keluhan lain yang menyertai luka kembali terbuka. Lakukan pemeriksaan pada dokter untuk membantu mengatasinya nanti dokter akan melakukan evaluasi terhadap luka tersebut apakah memerlukan perbaikan seperti penjahitan ulang ataupun cukup dengan pengobatan. Pengobatan sendiri juga akan disesuaikan jika ada infeksi maka akan diberikan antibiotik baik minum ataupun oles.

Yang  paling utama selain itu adalah perlu menjaga luka agar kering dan bersih dan lakukan perawatan luka secara berkala, jaga juga asupan nutrisi untuk membantu penyembuhan luka seperti konsumsi protein lebih banyak. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nutrisi penting dalam buah kawista membuatnya berpotensi meningkatkan kesehatan

Ingin Mengonsumsi Buah Kawista? Baca Ini Dulu

Buah kawista atau bael fruit dipercaya memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Mulai dari manfaatnya sebagai antidiare, antibakteri, antikanker, antioksidan, hingga penyembuh luka. Tapi bagaimanakah pendapat dunia medis?