Jika kena herpes bolehkah mandi atau terkena air

MR Info Penanya: MR, Pria, 2019 Tahun
Dok,jika kena herpes bolehkah mandi atau terkena air ? Dan cara ampuh buat nyembuhinnya dengan cara apa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi R

Penyakit herpes disebabkan virus, biasanya terdapat bruntus berisi cairan pada kulit, bruntus cairan tersebut juga akan terasa nyeri. Herpes sendiri terdapat bebera jenis virus, herpes simplex biasanya akibat penyakit menular seksual, sedangkan herpes zoster basanya akibat aktivasi varisela zoster atau cacar air sebelumnya. bentuk lesi kedua herpes tersebut berbeda, pada herpes simpleks biasa mengenai alat kelamin, sedangkan herpes zoster umumnya di satu sisi tubuh saja sesuai penyebaran saraf tepi.

Saat terkena penyakit herpes pasien tetap boleh terkena air dan mandi serta disarankan untuk menjaga kebersihan tubuh. Untuk lesi bruntus cairan jangan di pencet atau di pecahkan, namun jika sudah pecah dijaga agar tetap bersih dan kering, jika lesinya basah dapat di kompress dengan kassa basah Nacl 0,9%. 

Untuk tatalaksana herpes tergantung dari jenis virus, bentuk lesi tubuh dan onset penyakitnya. Biasanya sebagai anti virus dokter akan memberikan acyclovir untuk mempercepat penyembuhan, pada lesi kulit dapat diberikan kompress Nacl 0,9% dan salep acyclovir. Saya sarankan agar anda berkonsultasi dahulu dengan dokter spesialis kulit dan kelamin (Sp.KK) untuk memastikan benar terkena herpes atau tidak dan tatalaksana yang lebih tepat

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pantangan herpes yang harus dipenuhi salah satunya adalah berhenti melakukan hubungan seksual untuk sementara

Hindari Pantangan Herpes Kelamin Ini Selama Penyembuhan

Bagi para penderita herpes kelamin, ada beberapa pantangan herpes yang sebaiknya dihindari, agar infeksi cepat reda. Tidak hanya seputar aktivitas seksual, pantangan pola makan juga disebut bisa membantu mempercepat penyembuhan.