jika jongkok lalu pusing kenapa ?

AP Info Penanya: AP, Pria, 18 Tahun
Dok, kenapa ya setiap saya jongkok lama, pas bangun lngsung pusing kyak mau pingsan. Trs yang saya lihat cuma hitam. Trs ga lama normal lagi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AP!

Keluhan jongkok lalu merasa pusing hingga mau pingsan, dapat dipengaruhi oleh tekanan darah Anda.

Hal ini disebabkan karena pada saat berdiri ketika dari posisi jongkok atau duduk, tekanan gravitasi akan  meningkat sehingga mengakibatkan sirkulasi lebih banyak pada area bawah seperti perut dan kaki sehingga terjadi penurunan tekanan darah sedikit. Pada kebanyakan orang perubahan tekanan darah yang terjadi ini bersifat perlahan, namun apabila terjadinya secara spontan dan mendadak hal ini akan menyebabkan penurunan tekanan darah yang terlalu cepat sehingga dapat menyebabkan keluhan pusing sampai pingsan dan akan kembali normal lagi setelah beberapa saat.

Hal tersebut biasanya terjadi pada beberapa orang dengan kondisi anemia, kurang cairan atau dehidrasi, masalah jantung, ibu hamil, konsumsi obat-obatan tertentu. Penyebab lainnya dapat dibaca pada tautan berikut berikut.

Jika keluhan ini sudah sering dirasakan, disarankan segera berkonsultasi secara langsung dengan dokter untuk mencari tahu penyebabnya. 

Beberapa tips untuk mengurangi keluhan yang dirasakan:

  • Banyak minum air putih
  • Olahraga yang cukup
  • Jika memiliki masalah jantung atau penyakit lainnya, untuk minum obat secara rutin dan terkontrol

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ramadhan Harya

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hipotensi atau tekanan darah rendah adalah gangguan yang kerap terjadi pada ibu hamil

Berikut Penyebab Tekanan Darah Rendah Selama Kehamilan

Hipotensi atau tekanan darah rendah adalah kondisi normal pada 24 minggu pertama kehamilan dan tidak menyebabkan masalah. Namun, jika tekanan darah normal kurang dari 120/80 mmHg dapat menyebabkan pusing, mual, hingga pingsan.