28 Sep 2021, 13:28Kandungan

Jika Ibu Hamil Sakit apakah janin ikut sakit?

O
Info Penanya: O0
Dokter, saya ingin bertanya, kemarin selama tiga hari saya demam dan saya sedang hamil 6 bulan. Apakah akan berdampak pada janin saya? apakah ibu hamil sakit berpengaruh pada janin? cara mnegatasi ibu hamil sakit agar cepat sembuh gimana ya, dok?
194 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lizsa Oktavyanti
(0)
Selamat siang, OKehamilan merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh pasangan. Selama kehamilan idealanya untuk menjaga Kesehatan, karena Kesehatan ibu akan mempengaruhi Kesehatan dan perkembangan janin pada kandungan.

Apakah ibu hamil sakit berpengaruh pada janin?

Ketika anda mengeluhkan mengalami demam Ketika hamil, sebaiknya anda lebih berhati-hati, karena demam pada ibu dapat mempengaruhi perkembangan janin dalam rahim. Dalam sebuah penelitian menyebutkan, apabila ibu hamil mengalami demam tinggi, akan menghambat sintesis protein dalam tubuh, hal ini yang akan menyebabkan kematian sel pada janin hingga kerusakan plasenta. Dalam penelitian lain menyebutkan peningkatan suhu tubuh ibu hamil pada trimester pertama secara signifikan menyebabkan peningkatan resiko kelainan jantung dan bibir sumbing.Demam merupakan sebuah gejala atau pertanda, bahwa dalam tubuh ibu hamil sedang terjadi infeksi, baik infeksi virus, bakteri, maupun jamur dan parasit lain. Tanda ini yang membuat ibu menjadi lebih waspada, dan agar infeksi dapat lebih cepat tertangani.

Cara mengatasi ibu hamil sakit agar cepat sembuh :

  • Perbanyak konsumsi cairan,
  • Istirahat dan tidur cukup,
  • Konsumsi asam folat sejak dini,
  • Gunakan pakaian yang tipis dan menyerap kringat,
  • Mengompres dengan menggunakan kompres hangat,
  • Makan makanan dengan gizi seimbang,
  • Minum obat penurun demam, pilih acetaminofan, sebelum bertemu dokter,
  • Periksa suhu tubuh secara berkala.

Pengaruh ibu hamil sakit kenapa janin :

Ketika janin ada didalam kandungan ibu, semua kondisi ibu dapat mempengaruhi perkembangan janin, karena janin tumbuh dan berkembang dari nutrisi ibu, sehingga keadaan ibu sangat penting bagi perkembangan janin.Disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan apabila anda demam atau mengalami keluhan yang lain. Untuk pemeriksaan Kesehatan janin dan kesehatan anda.Semoga membantu.Salam sehat, 
kesehatan kandunganperkembangan janindemam
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil