Jika berdiri setelah duduk jadi pusing kenapa ?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 49 Tahun
maaf mau nanya nih dok. kenapa sih dok, saya kalo baru bentar aja duduk pasti saat berdiri tuh langsung item (blur) semua gitu. setelah blurnya tuh hilang, kepala belakang tuh jadi agak sedikit pusing. dan saat blurnya tu dateng, badan tuh serasa gak seimbang, dan kayak mau jatuh. itu sebenernya apa sih dok? karena apa? terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A!

Untuk memastikan penyebab yang dikeluhkan, pastikan

  1. sejak kapan terjadi ?
  2. hilang timbul ?
  3. adakah riwayat hipotensi / hipertensi ?
  4. apakah ada nyeri kepala ? 
  5. apakah ada pusing berputar ?
  6. apakah ada mual muntah?

Melihat dari cerita A, kemungkinan yang terjadi adalah HIPOTENSI ORTOSTATIK.

Hipotensi Ortostatik adalah suatu keadaan yang ditandai dengan penurunan tekanan darah mendadak saat terjadi perubahan posisi dari berbaring atau duduk ke posisi berdiri. namun penurunan tekanan darah tidak selalu menyebabkan hipotensi ortostatik, ada kriteria untuk disebut sebagai hipotensi ortostatik. 

Gejala yang timbul ?

  • pusing ketika berdiri 
  • pandangan kabur
  • pingsan
  • bingung
  • mual

Penyebab diantaranya dapat disebabkan oleh hal berikut :

  • dehidrasi
  • anemia
  • gula darah yang rendah
  • ada masalah jantung
  • dll

Jika yang sudah dialami ini dirasakan berulang kali, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penyebab yang jelas sehingga penanganan bisa dilakukan secara optimal.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ramadhan Harya

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Darah rendah juga dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan

Selalu Pusing dan Lemas, Apakah Gejala Darah Rendah? Ini Penjelasannya!

Tekanan darah normal adalah 90/60 mmHg, jika lebih rendah dari batas normal maka seseorang mengalami tekanan darah rendah. Gejala darah rendah yaitu pusing, mual, pingsan, dan lainnya