30 Sep 2021, 00:45Kulit & Kelamin

Kenapa jerawat tumbuh hanya di satu tempat?

ND
Info Penanya: ND0
Dok mau tanya, kenapa ya jerawat saya tumbuhnya hanya di satu tempat saja. Misal pipi dok. Hanya di pipi terus menerus. Skrg jerawatnya mulai membesar dan matang tapi ketika menjadi bekas malah berwarna merah dan hitam. Harus bagaimana ya dok? Sudah pakai facial wash sesuai type wajah dan cocok tp knpa selalu muncul jerawatnya di pipi saja dan mengganggu. Thanks before dok
47 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo N,Menangani jerawat memang dapat sedikit sulit dan membutuhkan kesabaran ekstra. Hal ini disebabkan karena jerawat sangat mudah terjadi jika Anda memiliki kulit yang cenderung berminyak, sering menggunakan make up yang dapat menutup pori-pori, berat badan berlebih, kurang menjaga kebersihan wajah misalnya menggunakan masker yang sudah kotor berulang kali, atau adanya perubahan hormon misalnya saat menjelang haid atau saat masa subur pada wanita.

Penanganan jerawat

Untuk jerawat yang selalu berulang di area yang sama, perlu lebih diperhatikan apakah pada daerah tersebut ada kemungkinan memiliki kelenjar minyak yang lebih banyak dari pada area lain sehingga resiko terjadinya jerawat pada area tersebut menjadi meningkat. Untuk menguranginya Anda dapat lebih menjaga kebersihan area tersebut misalnya menggunakan masker yang bersih setiap hari, meningkatkan frekuensi mencuci muka terutama jika berkeringat atau sering terkena polusi dan debu. Selain itu, kurangi konsumsi makanan yang berminyak atau berlemak.Orang dengan berat badan yang berlebih, juga cenderung untuk lebih berjerawat dibandingkan dengan orang yang berat badan ideal untuk itu, lakukan olahraga agar mencapai berat badan ideal. Upaya lain yang juga membantu adalah menggunakan cleanser atau toner setelah cuci muka, dan mencuci muka dengan sabun khusus jerawat. Jika tips diatas tetap tidak mengurangi kondisi jerawat Anda, lakukan terapi jerawat ke dokter kulit.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
jerawatpengobatan jerawatmakanan penyebab jerawat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil