03 May 2021, 21:05Kulit & Kelamin

Jerawat bruntusan apakah bisa hilang sendiri?

SF
Info Penanya: SF0
Halo dok, umur ku 14 tahun.. terus aku punya jerawat kecil kecil merah merah di pipi ku udh lama tapi ga hilang hilang..harus di apain dok, kalau didiemin aja bisa bilang sendiri atau engga? Trmksih sebelumnya dok.
2205 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo S,Jerawat sebenarnya muncul karena penumpukan minyak atau kotoran yang menyumbat pori-pori dan dapat menyebabkan infeksi dan timbul peradangan. Jerawat yang kecil-kecil dan banyak dapat juga merupakan brutusan yang dapat terjadi salah satunya karena iritasi. Pada usia remaja munculnya jerawat merupakan hal yang sangat normal karena saat sedang masa pubertas, hormon dalam tubuh sedang tinggi dan sangat mungkin menyebabkan munculnya jerawat.

Jerawat karena hormon

Jerawat hormonal juga masih dapat terjadi pada seorang wanita setiap bulannya saat periode menjelang haid. Selain itu, wanita juga cenderung berjerawat saat sedang hamil, stres, maupun saat sedang banyak konsumsi makanan berminyak dan berlemak. Untuk sementara, tingkatkan frekuensi mnecuci muka agar jerawat dapat berkurang karena kulit selalu terjaga kebersihannya, selain itu batasi makanan yang berminyak dan berlemak, serta lakukan olahraga agar lemak dibawah kulit tidak berlebihan. Hindari memencet jerawat agar tidak terjadi infeksi lebih lanjut.Jika keluhan tidak juga berkurang setelah melakukan tips diatas, lakukan pemeriksaan diri ke dokter kulit untuk dilakukan perawatan dan pengobatan lebih lanjut.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
jerawatpengobatan jerawatmakanan penyebab jerawat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil