Obat untuk kulit berjerawat

DR Info Penanya: DR, Wanita, 1 Tahun
selmat malam dok. muka saya itu sensifif banget dok kalau kena air ujan langung jerawat tumbuh, skng pake salep mediklin yang ungu setelah 5 hari jerawat kempes dan kulit muka ngelupas yang dikasih salep nya , itu cocok apa enga yh dok salep nya? trus kalau di ganti salep nya pake mediklin yanh kuning buat ngilangin merah" boleh ga dok ? apa harus pake satu". maksih .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, D.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Medi-Klin TR gel 15 g (berwarna ungu) merupakan obat yang digunakan untuk mengobati jerawat yang sedang meradang disertai dengan komedo yang tertutup dan terbuka. Obat ini mengandung clindamycin dan tretinoin. Sehingga obat ini tergolong obat yang keras dan butuh aturan pakai dari dokter. Tidak bisa sembarangan digunakan. Efek samping yang ditimbulkan dari pemakaian obat ini yaitu kulit menjadi kering, pengelupasan kulit, rasa tegang terbakar pada kulit, dan kemerahan pada kulit. 

Sedangkan Medi-Klin gel 1% 15 g (berwarna kuning) merupakan obat yang digunakan untuk mengobati jerawat dan mengandung antibiotik berupa clindamycin. Obat ini juga termasuk obat keras dan tidak bisa sembarangan digunakan karena harus berdasarkan dari petunjuk dokter. Efek samping yang ditimbulkan berupa rasa panas, gatal, kulit kering, kulit berminyak, mengelupas, gangguan pencernaan, dan nyeri perut.

Untuk itu, sebelum Anda menggunakan produk ini lebih lanjut, maka saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan dan konsultasi terlebih dahulu ke dokter kulit sehingga Anda mendapatkan terapi yang tepat untuk mengatasi jerawat Anda ini.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi jerawat di alis

Kenali Penyebab Jerawat di Alis dan Cara Mengobatinya

Jerawat di alis dapat menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Folikel rambut dan penumpukan sel kulit mati yang tersumbat dapat menjadi salah satu alasannya.