Jerawat pecah dan bernanah

SW Info Penanya: SW, Wanita, 22 Tahun
Dok.. saya mau bertanya, di muka saya tumbuh jerawat yg disertai nanah. Tanpa sengaja, jerawatnya pecah karna tergosok dan kemudian bernanah. Kira-kira apa yang harus saya lakukan dok? Dan apa jerawat ini akan hilang? Mohon solusinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SW,

Jerawat merupakan masalah kulit yang dialami hampir semua orang terlebih saat memasuki usia pubertas. Jerawat sendiri ada beragam jenisnya dan juga dapat menjadi lebih berat jika meradang. Jerawat juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri sehingga dapat timbul kumpulan nanah dan jika pecah akan bernanah dan membengkak. 

Apabila terjadi demikian dapat dilakukan upaya seperti menjaga kebersihan muka, bersihkan jerawat yang pecah, jangan lupa untuk mencuci tangan dan gunakan kapas atau kassa yang bersih, gunakan obat oles pada jerawat yang pecah dan meradang, dan hindari penggunaan make up untuk sementara waktu. Jika timbul peradangan yang lebih besar, nanah menjadi lebih banyak atau pembengkakan maka perlu dilakukan pemeriksaan dimana nantinya dokter akan memberikan penanganan seperti pemberian obat topikal yang berisi antibiotik ataupun kombinasi dengan obat jerawat atau anti peradangan lain.

Upayakan juga untuk menjaga asupan makanan, hindari makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat, gunakan masker jika bepergian atau berada di luar ruangan, kelola stres dan konsultasikan pada dokter jika jerawat masih mengganggu. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Diare termasuk penyakit yang harus diantisipasi selama musim hujan dan banjir.

Waspada! Ini 5 Penyakit Saat Banjir yang Mengintai Anda dan Keluarga

Selain menghambat aktivitas, banjir juga bisa menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit. Mulai dari infeksi kulit, diare, hingga hepatitis.