30 Dec 2019, 17:37Kulit & Kelamin

Bagaimana mengatasi jerawat yang meradang?

NM
Info Penanya: NM, Wanita0
Halo dokter, saya sedang berjerawat akhir akhir ini. Saya kurang tau penyebabnya apa.. umur saya baru 15 tahun dokter. Kulit saya oily. Jerawat yang saya rasakan ini perih ketika saya berkeringat dan memerah. Hanya muncul di area tertentu saja yaitu sekiar pipi yang tertutup jilbab, pinggir pinggir saja tidak sampai pipi. Lalu ada lagi di sekitar area dahi deka rambut. Bagaimna cara mengatsinya dok?.
42507 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat pagi, N.
Terimakasih atas pertanyaan Anda.
Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang hampir dialami oleh semua orang dan yang terjadi akibat tertutupnya folikel rambut (pori-pori) oleh minyak yang dihasilkan oleh kulit sehingga terjadilah infeksi bakteri. Jerawat biasanya muncul di usia-usia pubertas yaitu 12-14 tahun. Tapi, bisa juga terjadi di atas usia 14 tahun jerawat mulai bermunculan. Faktor-faktor pencetus terjadinya jerawat yaitu akibat produksi hormon yang meningkat, infeksi bakteri, konsumsi obat-obatan hormonal seperti pil KB ataupun steroid, keturunan, penggunaan kosmetik, stress, tidak menjaga kebersihan wajah, dan makanan.Jika jerawat sudah merah dan agak perih, maka kondisi jerawat sedang meradang.

Untuk itu, cara mengatasi jerawat yang meradang adalah:

  • Menjaga kebersihan muka dan kurangi pemicu eksternal seperti penggunaan make up, gel rambut.
  • Menggunakan krim topikal khusus buat jerawat yang bisa Anda dapatkan di dokter kulit.
  • Mengonsumsi antibiotik untuk mengurangi peradangan.
    Menggunakan skin care atau obat-obatan yang cocok dengan kondisi kulit Anda. Ini untuk jerawat yang disebabkan karena faktor hormonal. Jika jerawat yang meradang parah, dapat menggunakan laser untuk mengatasinya.
  • Beri waktu selama 4 minggu untuk melihat apakah obat-obatan untuk menghilangkan jerawat ini bekerja atau tidak. Jangan langsung asal-asalan mengganti produk buat mengatasi jerawat ini.
Untuk kasus yang Anda alami ini, jerawat bisa muncul karena tadi yang sudah saya jelaskan di atas dan dipengaruhi juga dengan kelembaban akibat pemakaian jilbab di sekitaran wajah yang tertutup jilbab. Jadi, disarankan untuk Anda tidak terlalu ketat memakai jilbab, pilihlah bahan-bahan jilbab yang adem dan menyerap keringat sehingga membuat kulit yang tertutup dengan jilbab menjadi tidak lembab. Jika jerawat sudah cukup parah, saya sarankan dibawa ke dokter spesialis kulit agar dapat diobati dengan tepat.
Salam sehat,

dr. Ester
kulit sehatjerawatpengobatan jerawat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil