Jerawat meradang di seluruh wajah, setelah menggunakan kosmetik.

RL Info Penanya: RL, Wanita, 37 Tahun
Assalamualaikum wr wb... maaf sblm nya dok sy ingin tanya kn... cara cepat mengjilang kan jerawat pke apa ya? Tempo hri sy trkena jerwat yg meradang d slruh wjh sy... krn tdk cck dgn salah satu kosmetik brand ternama...skrg sdh mndingan sih dok... cm msh bnyk yg kcl² jerwat nya yg msh menyumbat pori². Yg ingin sy tanyakn bagaimana cara menghilngkn nya & mnghlngkn flek hitam bekas jerwat trsebut scra baik & cpt? Sblm nya trmksh bnyk ya dok tlh berkenan mnjwb prtnyaan sy trsbt...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RL

Wajah anda kemungkinan mengalami dermatitis kontak yaitu peradangan kulit akibat terpapar zat aktif dari produk kosmetik anda. Gejalanya kulit akan kemerahan dan bisa timbul bentol serta terasa perih dan panas. 

Sebaiknya kulit anda diistirahatkan terlebih dahulu, jangan menggunakan produk di wajah serta menghindari paparan sinar matahari. Anda bisa menggunakan bedak atau salep untuk mengurangi radang dan reaksi alergi. Bisa juga menggunakan kompres lembab di wajah anda.

Sebaiknya konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kulit untuk menggunakan obat atau salep mengingat kondisi kulit anda yang sensitif dan berisiko mengalami peradangan kembali.

Saya lampirkan artikel mengenai Pilihan Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Sesuai Penyebabnya untuk referensi anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh A
21 Oct 2019, 00:27
Dokter mw cek ap tentang kurang pikiran supaya saraf saya sering lupa dan kurang lancar bica mengatasi nya gimna dokter

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Psoriasis vulgaris menyebabkan bercak merah (dengan tekstur bersisik) dan radang yang menutupi kulit kepala, lutut, dan siku.

Mengenal Penyakit Kulit Psoriasis Vulgaris dan Jenis Psoriasis Lainnya

Psoriasis vulgaris merupakan bentuk umum dari penyakit kulit psoriasis. Selain psoriasis vulgaris, masih banyak jenis psoriasis lainnya, yang Anda harus tahu. Apa saja gejala dan cara mengobatinya?