12 Feb 2020, 20:32Infeksi

Jerawat membandel. Bagaimana menguranginya?

ZD
Info Penanya: ZD0
solusi buat menghilangkan jerawat agar tidak tumbuh jerawat lagi gimana dok
13163 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Reni Utari
(0)
Selamat pagi, Z.Terimakasih atas pertanyaannya.Tipe kulit setiap orang berbeda-beda. Kulit manusia memiliki pori-pori yang terhubung ke kelenjar minyak di bawah kulit. Jerawat dapat tumbuh ketika folikel ini tersumbat dan minyak menumpuk di bawah kulit. Namun penyebab lain yang dapat memicu terjadinya jerawat adalah:- Memakai kosmetik secara berlebihan- Faktor hormonal- Stres- Sedang menstruasiBerikut tips untuk menghilangkan jerawat secara natural:
  • Gunakan tea tree oil. Zat ini dikenal karena kemampuannya untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit. Cara menggunakannya: celupkan bola kapas ke dalam tea tree oil kemudian oleskan pada kulit yang berjerawat.
  • Lidah buaya. Kandungan lidah buaya adalah tanaman tropis dengan daun yang menghasilkan gel bening dan mengandung asam salisilat yang menghambat bakteri penyebab jerawat. Cara menggunakannya: oleskan gel ke kulit bersamaan dengan perawatan lainnya. Anda dapat menerapkan perawatan jerawat lainnya terlebih dahulu, kemudian gel ldah buaya diatanya. Ulangi 1-2 kali per hari.
  • Witch hazel. Menerapkan witch hazel ke kulit terbukti dapat melawan bakteri dan mengurangi peradangan pada jerawat.
  • Cuka sari apel. Asam organik dalam cuka sari apel dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.
  • Madu. Oleskan madu murni di wajah, diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hangat. Madu memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan antiperadangan.
  • Oatmeal. Makanan ini bukan hanya untuk sarapan yang sehat saja tetapi juga salah satu solusi untuk mengurangi jerawat. Kandungan antioksidan alami dapat mengusir sitokin penyebab peradangan. Anda dapat membuat masker oatmeal sendiri dicampurkan dengan susu, madu atau air.
  • Hindari stress
  • Hidari mengonsumsi makanan yang manis dan berminyak
Anda juga dapat membaca artikel berikut ini. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Reni Utari
kulit berminyakjerawatpengobatan jerawat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil