Jerawat di sekitar kemaluan

NK Info Penanya: NK, Wanita, 2019 Tahun
dokter, saya ingin bertanya, muncul seperti bisul / jerawat di area sekitar kemaluan / selangkangan. bagaimana cara menyebuhkannya???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore NK,

Jerawat atau bisul yang timbul disekitar kemaluan dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan penyebab dimana diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter untuk mengetahui penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya. Beberapa kemungkinan penyebabnya diantaranya adalah:

  • Folikulitis atau peradangan di folikel rambut di area kulit sekitar kemaluan
  • Jerawat atau infeksi bakteri di area kulit sekitar kemaluan dimana jika lebih besar dapat menjadi bisul atau abses
  • Infeksi virus seperti molluscum contagiosum, herpes, atau kutil
  • Infeksi parasit seperti kutu rambut kemaluan

Untuk itu upayakan menjaga kebersihan di area sekitar kemaluan dan hindari untuk menekan atau memecahkan benjolan yang timbul tersebut untuk menghindari iritasi dan infeksi lain. Ganti pakaian dan pakaian dalam secara teratur dan hindari penggunaan yang terlalu ketat. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan penanganan baik pemberian obat oles, obat minum ataupun tindakan untuk mengatasi benjolan tersebut. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh NK
03 Sep 2019, 11:09
terima kasih atas jawabannya dok. aoakah ada obat di apotik yang bisa di aplikasikan untuk menyembuhkan bisul tersebut ?

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit kusta merupakan salah satu penyakit tertua yang pernah tercatat dalam sejarah

Penyakit Kusta dalam Sejarah, Pernah Dianggap Kutukan Di Semua Benua

Penyakit kusta adalah infeksi yang menyebabkan pembengkakan kulit dan kerusakan saraf parah di bagian lengan, kaki dan kulit di seluruh badan. Penyakit kusta pernah menjadi momok bagi masyarakat di seluruh dunia seperti Mesir, Yunani, Eropa.