Jerawat di hidung

AA Info Penanya: AA, Pria, 2019 Tahun
Pagi dok, saya ingin bertanya, saya lelaki muda umur 18 tahun sudah 2 tahun ini saya sering kena jerawat bandel di area hidung, bahkan dalam satu tahun ini saya sudah 3 kali kena jerawat bandel yang ada di hidung dan itu hilangnya bisa 3-7 Minggu. Yang ingin saya tanyakan apakah saya ada sesuatu yang ada di hidung saya ataukah ada yang harus saya tau mengenai jerawat di hidung ? Cara mengatasinya gimana ya dok? Sebelumnnya terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

Jerawat merupakan keluhan kulit yang dapat timbul pada siapa saja, jerawat sendiri juga dapat timbul di beberapa area tubuh seperti wajah, punggung, dada dan lokasi lainnya. Jerawat juga dapat timbul akibat banyak penyebab. Untuk mengatasi masalah jerawat yang membandel perlu dilakukan beberapa upaya seperti:

  • Membersihkan wajah dengan sabun wajah yang ringan
  • Hindari sering menyentuh bagian hidung atau wajah dengan tangan
  • Upayakan untuk tidak memencet jerawat atau menekan komedo yang ada di hidung untuk mencegah terjadinya penyumbatan dan peradangan pada kulit yang menjadi penyebab jerawat
  •  Batasi penggunaan make up dan bersihkan setelah selesai digunakan
  • Gunakan krim anti jerawat yang dijual bebas untuk mengatasi jerawat yang timbul

Jika jerawat menjadi membesar, membatu, atau meradanga sampai timbul pembengkakan, maka periksakan diri pada dokter atau dokter kulit untuk diberikan penanganan. Nantinya akan dilakukan pemberian obat atau tindakan medis untuk mengatasi jerawat yang timbul. Perhatikan juga asupan makanan yang dikonsumsi karena makanan juga dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

selain duri, landak laut juga memiliki racun

Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama Tertusuk Duri Landak Laut

Tertusuk landak laut atau bulu babi bisa jadi merupakan kesalahan manusia yang tidak sengaja menyentuh atau menginjaknya. Jika ini terjadi, segera lakukan pertolongan pertama tertusuk bulu babi.