Jerawat di dada saat menstruasi apakah normal?

NW Info Penanya: NW, Wanita, 2019 Tahun
muncul beberapa jerawat di bagian dada saat menstruasi apakah normal.?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NW

Terima kasih atas pertanyaannya.

Jerawat sebelum atau saat menstruasi adalah gejala yang sangat umum. Kelenjar minyak pada kulit dirangsang oleh peningkatan kadar hormon testosteron dan progesteron selama dan sebelum menstruasi. Sehingga terjadi jerawat karena pori-pori tersumbat oleh minyak berlebih, kotoran dan sel kulit mati. Sesudah menstruasi dimulai progesteron akan mulai turun dan estrogen bertambah. Kebalikan dengan progesteron, estrogen membuat kelenjar minyak menjadi tidak aktif dan kulit menjadi tidak berminyak terutama di sekitar fase ovulasi / subur. Jadi wanita akan tampak lebih menarik untuk pasangannya pada saat sedang subur.

Untuk mengendalikan kadar minyak pada wajah adalah perawatan kulit secara terus menerus. Membersihkan wajah dan melakukan pencegahan dengan pola hidup sehat agar jerawat tidak muncul pada saat menstruasi nantinya. Semoga penjelasan dari saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Faktor genetik dan imunitas bisa menyebabkan penyakit kulit psoriasis.

Inilah Penyebab Psoriasis yang Harus Anda Waspadai

Faktor genetik diduga menjadi salah satu penyebab psoriasis, yang mengakibatkan penumpukan kulit mati. Obat-obatan pun bisa menjadi faktor lain pemicu psoriasis.