Jerawat bisul menyebar ke leher dada hingga punggung

TO Info Penanya: TO, Pria, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, saya mengalami enderita jerawat bisul, penyakit ini susah sekali desembuhkan. Awalnya sedikit sekarang menjadi parah dam menyebar ke leher dada hingga ke punggung, bagaimana cara mengatasinya dokter??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TO,

Jerawat merupakan masalah kulit yang dapat timbul tidak hanya diwajah tetapi juga di leher, punggung ataupun dada. Penyebabnya sendiri beragam seperti dipicu oleh:

  • Faktor genetik
  • Gangguan hormonal terutama saat memasuki masa pubertas
  • Stres
  • Kebersihan kulit yang kurang baik
  • Makanan pemicu jerawat
  • Keringat berlebih

Untuk menghilangkan jerawat yang menyebar dapat dilakukan beberapa cara seperti dengan menjaga kebersihan tubuh, hindari penggunaan pakaian yang ketat, ganti pakaian dengan teratur terutama setelah berkeringat, bersihkan kulit dengan scrub lembut untuk mengangkat kulit yang mati, gunakan obat jerawat seperti salep yang dijual bebas yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, atau retinoid. 

Jika dirasa jerawat lebih parah atau semakin menyebar maka perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada dokter kulit agar diberikan penanganan lebih lanjut salah satunya dengan pemberian obat antibiotik minum dan juga salep untuk mengatasi jerawat yang timbul. Jaga juga kebersihan tempat tinggal agar tidak memicu timbulnya jerawat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Benjolan di belakang telinga kadang membuat penderitanya takut dan khawatir.

Benjolan di Belakang Telinga Tidak Selalu Berbahaya, Kenali Berbagai Penyebabnya!

Benjolan di belakang telinga kadang membuat penderitanya takut dan khawatir. Padahal kenyataannya tidak selalu demikian. Terdapat berbagai kondisi, mulai dari ringan hingga berat yang dapat menyebabkan munculnya benjolan di belakang telinga.