Jerawat kecil-kecil dan gatal, apakah fungal acne?

AS Info Penanya: AS
Halo dok, saya punya masalah pada kulit saya seperti jerawat kecil2 tapi dia banyak ngumpul di satu titik. Terutama di bagian rahang dan pipi warnanya merah ada sensasi gatal setelah terkena air dan ketika tersentuh sensasinya lebih terasa. Apakah ini fungal? ada juga yang di jidat tapi dia hanya satu atau dua.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AS.

Jerawat adalah radang kronis pada folikel rambut yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Adapun tanda dan gejalanya yang berupa benjolan kecil atau besar yang dapat disertai nanah atupun tidak, dan disertai rasa nyeri. Jerawat umumnya terjadi karena penyumbatan folikel rambut oleh minyak yang berlenih dan sel-sel kulit mati yang menumpuk serta aktivitas bakteri yang berlebih.

Sedangkan fungal acne adalah keadaan kulit yang menyerupai jerawat namun disebabkan oleh infeksi jamur Malassezia. Tanda dan gejalanya berupa benjolan merah yang dapat berisi nanah dan disertai rasa gatal.

Mengenai keluhan yang Anda alami, jika disertai rasa gatal yang dominan, mungkin saja lebih mengarah kepada fungal acne, karena umumnya apabila jerawat akan lebih dominan disertai rasa nyeri. Namun, untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh ahli, karena cukup sulit membedakan jerawat pada umumnya dengan fungal acne terkait rupanya yang tampak sangat mirip.

Untuk sementara Anda perlu untuk mengurangi penggunaan produk perawatan yang mengandung stearic, lauric, undecylenic acid hingga polysorbate. Anda pun dapat mengobati dulu jerawat tersebut dengan obat jerawat yang dijual bebas di apotek, namun, apabila keluhan tidak kunjung membaik, mungkin benar berupa fungal acne. Jika begitu, sebaiknya Anda berobat kepada dokter Spesialis Kulit karena membutuhkan pengobatan yang intensif untuk kasus fungal acne.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bisul pada bayi bisa diatasi dengan menjaga kebersihan bayi

Bisul pada Bayi, Mengapa Bisa Terjadi?

Meski tidak berbahaya, bisul pada bayi bisa sangat mengganggu. Selain itu, menghubungkannya dengan terlalu banyak makan telur adalah mitos tak berdasar.