09 Sep 2021, 18:46Penyakit Lainnya

Jenis susu untuk anak autis.

K
Info Penanya: K0
Dokter, apa benar susu untuk anak autis berbeda dengan susu anak pada umumnya? Apa yang membedakannya itu, Dok? Lalu, jenis susu seperti apa yang bisa diberikan kepada anak autis?
340 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo K,Anak autis memang membutuhkan perhatian khusus dan juga nutrisi tambahan yang dapat mendukung perkembangan anak menjadi lebih baik. Penyakit autis dikaitkan dengan gangguan perkembangan otak dalam hal perhatian, komunikasi, dan sosialisasi yang hingga saat ini belum diketahui penyebabnya. Anak yang autis sering mengalami susah makan dan susah tidur. Meskipun sebenarnya jenis makanan untuk anak autis sama saja dengan anak lain, namun beberapa pilihan yang disarankan adalah makanan tinggi protein seperti telur, susu, dan ikan. Susu untuk anak autis boleh berasal dari sapi, kedelai, susu beras merah, dan yang terbaik adalah susu kambing.

Jenis susu untuk anak autis

Susu kambing terutama etawa, memiliki manfaat yaitu 
  • Tidak mengandung alergen
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Menjaga saluran pencernaan anak
  • Mencegah kekurangan darah atau anemia
  • Penghambat pertumbuhan sel abnormal seperti kanker

Kandungan susu untuk anak autis

Susu sapi umumnya lebih sering menyebabkan alergi, namun memiliki manfaat membantu pertumbuhan tulang anak. Susu kedelai dan susu beras merah memiliki kandungan bebas kasein dan glutein, sehingga susu kedelai sering dijadikan pilihan kedua setelah susu kambing yang juga memiliki keunggulan yaitu mudah dicerna dan tinggi antioksidan, sedangkan susu beras merah dipercaya dapat mengurangi autis dan menjaga kesehatan jantung anak. Konsultasi ke dokter spesialis anak dan dokter gizi untuk lebih mengetahui susu mana yang cocok dengan anak Anda ya.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
tumbuh kembang anaksusuautisme
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil