Apakah jenis kelamin janin bisa berubah?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 22 Tahun
Selamat malam dok, saya calon ibu anak pertama. Untuk mengetahui jk janin saya sudh melakukan usg 2x. Pertama saat usia 4bln dgn 4d disitu posisi janin krg bagus. Tp kta dokternya perempuan. Yg kedua itu diusia 7bln dgn 3d katanya dokter jg perempuan. Apa jk bisa berbeda dgn pas lahir nnt ya dok? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SA,

Jenis kelamin janin adalah salah satu informasi yang segera ingin diketahui saat sedang hamil. Untuk mengetahui jenis kelamin janin dapat dilakukan pemeriksaan USG mulai dari usia kehamilan 14 minggu dan lebih akurat di usia kehamilan yang lebih besar.

Jika sudah di usia 7 bulan dan dilakukan USG dengan modalitas yang baik seperti USG 3D atau USG 4D maka hasilnya lebih akurat. Memang terkadang jika didapat jenis kelamin perempuan di usia kehamilan yang lebih muda bisa berganti menjadi laki-laki pada usia kehamilan yang lebih tua karena beberapa hal seperti faktor operator USG, letak janin dan juga penampakan kelamin yang tidak begitu jelas pada pemeriksaan.

Selain dengan USG, jenis kelamin janin juga bisa diketahui dari pemeriksaan darah untuk mendeteksi kromosom dan DNA janin tapi tentunya biayanya dapat lebih tinggi. Tes ini bisa lebih akurat dan tidak invasif sehingga tetap aman bagi ibu hamil dan juga janin. Ada beberapa jenis pemeriksaan lain yang juga bisa dilakukan tapi sifatnya lebih invasif seperti amniosentesis atau pemeriksaan sampel cairan ketuban dan lainnya.

Untuk itu jika ragu Anda bisa meminta opini kedua pada dokter kandungan lain untuk dilakukan pemeriksaan jenis kelamin janin Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hasil tespek positif hamil

Mungkinkan Melakukan Hubungan Seks saat Haid Menyebabkan Kehamilan?

Periode ovulasi setiap wanita berbeda-beda. Jika Anda memiliki siklus menstruasi lebih panjang, Anda masih tetap dapat hamil jika berhubungan seks saat menstruasi.