Jenis-jenis sakit kepala yang sering terjadi

A Info Penanya: A
Kepala terasa sakit dan badan terasa melayang ketika ingin tidur
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sakit kepala dan badan terasa melayang seperti yang Anda rasakan bisa jadi karena penyakit yang ada di bawah ini:

  • Sakit kepala cluster: sakit kepala dengan sensasi terbakar atau tajam dan muncul di satu sisi kepala. Penyebabnya bisa karena kondisi medis tertentu, obat penyakit jantung, atau yang lain.
  • Migrain: rasa sakit yang berdenyut-denyut di satu sisi kepala saja dan disertai dengan rasa mual, pusing, dan sensitif dengan suara dan cahaya, aura, penglihatan yang kabur. Penyebabnya yaitu paparan zat kimia atau makanan, perubahan hormon, dehidrasi, gangguan tidur.
  • Sakit kepala berulang (rebound headache): menyebabkan kualitas tidur berkurang, sakit di leher, hidung tersumbat, gelisah.
  • Tension headache: dikenal dengan sakit kepala tegang seperti ada karet yang ketat di kepala dengan rasa sakit yang menjalar ke leher. Penyebabnya adalah kelelahan, pilek, flu, konsumsi kafein yang berlebih, stres, mata kering, alkohol, infeksi sinus.
  • Sakit kepala mendadak (thunderclap headache): ini muncul tiba-tiba dengan rasa sakit yang parah. Penyebabnya adalah pendarahan di otak, aneurisma, dll.

Penyebab lain yang sering menyebabkan sakit kepala yaitu: malformasi arteri vena (AVM), tumor otak, tekanan darah tinggi.

Jika rasa sakit kepala yang Anda rasakan mengganggu aktivitas, Anda dapat konsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol. Jika tidak berkurang, saya sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter saraf agar dapat diperiksa dan diobati lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yang Harus Anda Tahu Tentang Sakit Kepala Bagian Depan

Sakit Kepala Bagian Depan Bisa Saja Bukan Pusing Biasa

Sakit kepala bisa terjadi di bagian kepala manapun, termasuk bagian depan. Terdapat beberapa hal yang dapat memicu sakit kepala bagian depan. Mulai dari sakit kepala tegang, sakit kepala cluster, hingga ketegangan pada mata.