jempol kaki terkena standar motor, kuku terkelupas dan bernanah

TM Info Penanya: TM, Wanita, 23 Tahun
jempol kaki saya kena standar motor saat mundurin motor tbtb jempol kulit dan kuku saya nglupas setengahnya , saya obatin dirumah ala kadarnya . sudah 3 hari ini nanah ngga berhenti . tolong tips dan solusinya .apa yg seharusnya saya lakukan agar nanah dan kuku saya cpt sembuh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat TM

Kuku yang mengalami trauma rentan untuk terkena infeksi, saat terkena standar motor maka terjadi perlukaan dan kuman dapat dengan mudah masuk, tanda adanya infeksi pada kuku dan jari jempol adalah bengkak dan keluarnya nanah. 

Untuk tatalaksana biasanya kuku yang masih tersisa harus di copot melalui tindakan ekstaksi kuku, kuku setengah yang tertinggal menjadi fokus sumber infeksi dan perkembangan bakteri, jika tidak dicabut maka sumber infeksi akan menetap. Tindakan ekstraksi dilakukan dengan prosedur anastesi lokal dan bedah minor, setelah di cabut kuku dengan pemberian antibiotik biasanya jempol akan sembuh dan kuku akan tumbuh lagi dalam beberapa hari.

Saya sarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter untuk prosedur pencabutan kuku dan terapi antibiotiknya.

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cairan aseton untuk membersihkan kuteks ternyata tak baik untuk kesehatan bila dipakai secara berlebihan

Wanita Wajib Tahu, Pakai Aseton Berlebihan Ternyata Bisa Bahaya

Aseton adalah jenis cairan yang kerap digunakan untuk membersihkan cat kuku atau kuteks. Namun penggunaannya yang terlalu sering ternyata dapat membahayakan kuku, bahkan tubuh Anda.