12 Nov 2021, 05:51Kandungan

Bagaimana menghitung masa subur wanita?

DH
Info Penanya: DH, Pria, 18 Tahun
Hi dok!Aku mau nanyak nih? Masa subur seorang wanita itu dihitung sejak kpn sih ?Apakah awal terjadinya haid apa akhir terjadinya haid?? Jawab ya dok?
68 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo D,Masa subur adalah proses pelepasan sel telur yang sudah matang oleh indung telur ke dalam saluran telur yang kemudian jika pada saluran ini sel telur bertemu dengan sperma maka akan terjadilah proses pembuahan yang merupakan awal dari kehamilan.

Menghitung masa subur

Melakukan hubungan seksual tanpa pengaman pada masa subur akan sangat meningkatkan potensi terjadinya kehamilan, untuk itu menghitung masa subur memang sangat penting untuk merencanakan proses kehamilan maupun menunda kehamilan. Masa subur setiap wanita bisa berbeda-beda tergantung dari siklus haidnya, secara garis besar perkiraan masa subur terjadi pada hari ke 11-21 terhitung dari hari pertama haid terakhir atau disingkat hpht. Cara mengetahui masa subur tersebut hanya berlaku bagi wanita yang memiliki siklus yang teratur, untuk itu jika haid Anda tidak teratur maka tidak dapat ditentukan kapan masa subur Anda menggunakan perhitungan ini.Untuk para wanita yang tidak memiliki siklus haid teratur, maka cara untuk menentukan masa subur adalah dengan menggunakan alat bantu tes kesuburan yang disebut juga test ovulasi. Jika memang Anda masih kesulitan untuk melakukan program kehamilan maupun menunda kehamilan, Anda juga dapat berdiskusi dengan dokter kandungan.Baca juga forum terkait masa subur:
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
siklus haidmenstruasimasa subur
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil