Jatuh terbentur di tulang ekor

RI Info Penanya: RI, Wanita, 2019 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya tadi sore saya kepleset setelah dari wc. Nah kebetulan dari wc ke kamar itu harus turun 3 anak tangga dulu. Jadi saya kepleset di tangganya dan tulang ekor saya terasa sakit sekali. Apalagi kalau bungkuk. Selain itu, dulu waktu kecil tulang ekor saya pernah sakit gara2 kepentok, dan kadang bikin nyutnyutan. Dan sekarang malah kepleset jadi makin sakit. Kira-kira saya harus bagaimana ya supaya rasa sakitnya mendingan? Apakah posisi tidur juga menentukan? Apa saya gabakal kenapa2? Terimakasih dok sebelumnya :)
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore R,

Jatuh terbentur di tulang ekor dapat menimbulkan rasa sakit dan sejumlah masalah lain dimana dapat terjadi adanya cedera pada tulang ekor, ligamen, dislokasi sendi, permasalahan tulang seperti retak atau patah, gangguan saraf, otot dan lainnya.

Untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter agar dilakukan evaluasi pada kondisi Anda baik melalui wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen ataupun pemindaian dengan MRI jika diperlukan.

Untuk meredakan nyeri sementara dapat dilakukan beberapa hal seperti kompres bagian yang nyeri dengan kompres dingin, minum obat pereda nyeri seperti paracetamol, posisikan tubuh dengan posisi yang nyaman, dan duduk dengan bantalan tambahan. Jika nyeri tidak berkurang, mengalami rasa baal atau kesemutan di tulang ekor dan kaki, sulit mengendalikan buang air kecil atau sulit berjalan segera periksakan diri pada dokter. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cedera lutut dapat dihindari dengan rutin berolahraga dan melatih otot paha bagian belakang

Ketahui 7 Cedera Olahraga yang Dapat Dicegah

Jika olahraga dilakukan dengan teknik yang salah, akan ada risiko terjadinya cedera yang dapat membahayakan kondisi kesehatan seperti cedera lutut, cedera hamstring, cedera otot achilles, cedera tulang kering, hingga patah tulang atau tulang retak.