Jatuh saat Haid, apakah akan berbahaya?

A Info Penanya: A
Halo dokKemarin saya datang bulan dan di hari itu saya jatuh.Apakah itu akan berdampak besar pada saya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore A,

Jatuh saat haid sebenarnya tidak berpengaruh besar, tetapi tergantung dari bagaimana mekanisme jatuh dan seperti apa. Apabila jatuh dari ketinggian yang cukup untuk menimbulkan cedera, terjatuh di area yang berbahaya seperti terjatuh dari tangga, terjatuh dengan terduduk, terbentur di kepala ataupun jatuh hingga menimbulkan tumbuhkan keras maka perlu diwaspadai.

Terjatuh bisa menyebabkan gangguan persendian seperti keseleo, cedera otot, tendon, ligamen dan lainnya, bisa menyebabkan patah tulang dan lainnya.

Apabila terjatuhnya tidak tinggi, tidak keras benturannya, maka tidak perlu dikhawatirkan karena bisa tidak berpengaruh apa-apa. Untuk itu perhatikan ada tidaknya gejala yang timbul setelah terjatuh atau ada tidaknya gangguan di area yang terbentur saat terjatuh.

Cara mengatasi nyeri saat terjatuh.

Jika ada nyeri atau memar bisa dilakukan beberapa langkah berikut:

  • Istirahatkan bagian yang terbentur
  • Kompres dengan air dingin atau es untuk meredakan nyeri
  • Konsumsi obat peredanya nyeri seperti parasetamol
  • Periskakan diri jika timbul tanda peradangan seperti nyeri, kemerahan, bengkak, sulit digerakan ataupun kulit area yang nyeri teraba lebih hangat

Perhatikan juga apa penyebab jatuh, kalau karena gangguan haid seperti perdarahan menstruasi berlebihan maka perlu diperiksakan. Dimana nantinya akan dilakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan yang diperlukan seperti foto rontgen ataupun pemeriksaan lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan bisa menandakan bahwa akan menstruasi atau mengawali kehamilan.

Ini Bedanya Keputihan Tanda Hamil dan Keputihan Haid

Keputihan terjadi bukan hanya menjelang menstruasi, tapi juga kehamilan. Meskipun keduanya termasuk dalam golongan keputihan, tapi terdapat karakteristik yang berbeda dari kondisi ini. Kenali 3 tanda ini agar Anda bisa membedakannya.