22 Feb 2021, 12:40Penyakit Lainnya

Jatuh duduk tulang ekor sakit apa solusinya?

JB
Info Penanya: JB0
Hai dok, des 2019 atau Jan 2020 saya saat itu ada di toilet mall. Seperti biasanya kalau di toilet mall ada besi untuk ngucur air, agar mempermudahkan mencebok. Saat itu saya langsung duduk saja tanpa sadar kalau ketiga dari penutup toilet duduk itu terbuka. Tulang ekor saya persis mengenai besi untuk mengeluarkan air tsb. Saya gemeteran, tidak berbicara, tidak merasakan sakit juga. Seusai itu, saya baik2 saja bahkan tidak merasa sakit. Tapi blkngn ini saya merasakan nyeri ditulang ekor
415 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam JBTulang ekor merupakan bagian tulang terujung dari tulang belakang. Tulang ini sangat sering terjadi trauma atau cedera karena posisinya yang dekat dengan kulit dan otot yang tipis.

Sakit Tulang Ekor

Adanya benturan pada tulang ekor tentunya menyebabkan rasa ngilu dan nyeri. Pada benturan yang hebat bisa terjadi pergeseran tulang, tulang patah atau retak. Pada kondisi ini tubuh akan merespon dengan membuat otot-otot sekitar tulang ekor menegang untuk meminimalisasi gerakan agar cedera tidak semakin parah.

Cara Meredakan Sakit Tulang Ekor

Untuk mengatasi nyeri di tulang ekor perlu dipastikan terlebih dahulu kondisi tulang ekor dengan foto rontgen tulang. Anda bisa melakukan beberapa hal untuk meredakan nyeri pada tulang ekor. Caranya adalah dengan:
  • Kompres es dan hangat secara bergantian 2-3x sehari
  • Duduk dengan alas bantal tebal atau bantal donat
  • Pijatan lembut di sekitar tulang ekor atau pada otot-otot yang tegang
  • Mengaplikasikan krim pereda nyeri otot
  • Minum obat antinyeri seperti paracetamol, ibuprofen atau asam mefenamat
  • Melakukan fisioterapi
  • Hindari mengangkat berat atau duduk terlalu lama
Apabila anda merasakan nyeri tulang ekor tidak kunjung membaik, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter spesialis tulang (ortopedi) untuk pemeriksaan dan penanganan selanjutnya.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL
cederacedera saraf tulang belakangkesehatan tulang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil