Jari tangan sering kebas dan agak nyeri

NK Info Penanya: NK, Wanita, 45 Tahun
Dok.. Saya melahirkan anak 7 tahun lalu saat usia saya 36 thn semenjak itu jari tangan sering kebas.... Pegangg apapun kalau lama kebas ujung jari nya... Tapi tfk lama hilang.... Beberapa bulan belakangan ini muncul lagi bahkan 1 bulan ini tiap saya bangun tidur ujung jari pasti kebas... Nanti saya gerak2kan atau hempas2kan ujung jarinya.. Baru enakan.. Nanti saya pegangg apa kelamaan muncul kebas kembali itu kenapa ya dok... Saya harus periksa kemana... Trimakasi Dokter....
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NK, 

Jari tangan yang sering kebas atau yang sering disebut neuropati periferal ini banyak penyebabnya. Neuropati periferal adalah adanya kerusakan saraf yang dapat menyebabkan kelemahan, kebas atau nyeri yang sering terjadi di tangan atau kaki. Tapi bisa aja kondisi ini terjadi di bagian tubuh lain.

Penyebabnya antara lain:

  • cedera
  • infeksi
  • gangguan metabolik tubuh
  • diturunkan dari keluarga
  • paparan terhadap toksin atau racun tertentu
  • penyakit lain, yang paling sering karena diabetes

Anda perlu datang ke dokter saraf untuk mencari tahu penyebab utamanya. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lainnya untuk menetapkan diagnosis.

Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat ya. Salam sehat.

 

dr. Anandika

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain mengecek gangguan kepribadian, tes psikologis dapat dilakukan untuk pekerjaan dan edukasi

Dapatkah Tes Psikologi Mendiagnosis Gangguan Kepribadian?

Tes psikologi identik dengan diagnosis gangguan kepribadian, tetapi sebenarnya terdapat manfaat lain. Melalui tes psikologis, Anda dapat mengetahui masalah yang dialami dan potensi diri. Saat ini pun tes psikologis memiliki berbagai jenis, misalnya tes psikologi untuk pekerjaan, kesehatan, dan edukasi.