05 Feb 2021, 19:21Kulit & Kelamin

Jari tangan bernanah harus diapakan?

WS
Info Penanya: WS, Wanita, 19 Tahun
Selamat malam, saya ingin berkonsultasi... Jari manis tangan saya yang dibalik kuku awalnya hanya bernanah sedikit saja.. tetapi sekarang semakin memanjang hingga kebawah.. bagaimana cara mengobatinya ya? Terimakasih
109 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi WS,Nanah adalah cairan kekuningan yang menandakan adanya proses infeksi bakteri di dalam tubuh. Bila nanah tersebut muncul di kuku jari biasanya disebut dengan cantengan. Namun bila munculnya nanah tersebut pada benjolan di kulit maka biasanya disebut dengan bisul dan bila bisul ini membesar maka disebut dengan abses.

Penyebab munculnya nanah pada kuku jari Anda:

  • Infeksi bakteri. Hal ini sering terjadi bila Anda memotong kuku terlalu pendek sehingga ada bagian bawah kuku yang lecet dan terinfeksi bakteri tanpa Anda sadari.
  • Infeksi jamur. Akan muncul keluhan putih-putih dibawah kuku yang menyerupai nanah. Namun sebenarnya putih-putih ini bukanlah nanah melainkan hifa jamur.
  • Tangan sering basah atau berkeringat.

Yang perlu Anda lakukan untuk membersihkan nanah di kuku Anda adalah:

  • Rendam tangan Anda menggunakan air hangat untuk memudahkan mengeluarkan nanahnya.
  • Bila jari Anda terasa sakit maka kemungkinan penyebabnya infeksi bakteri dan kuning yang Anda maksud adalah nanah sehingga kuku perlu dibersihkan dan dioleskan salep antibiotik.
  • Namun bila jari Anda tidak terasa sakit namun tampak putih-putih maka kemungkinan penyebabnya infeksi jamur. Sehingga setelah jari direndam dan dibersihkan harus dilap kering kemudian dioleskan salep anti jamurnya.
  • Biasakan untuk rutin cuci tangan dan dilap kering agar kuku tidak lembap.
Bila keluhan nanah semakin banyak, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut sesuai dengan penyebabnya.Salam sehat,dr. Vina
infeksi jamurcantenganjamur kuku
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil