Jari tangan mengeluarkan nanah terus menerus

Z Info Penanya: Z, Wanita, 24 Tahun
Dok awalnya tangan saya sperti kutu air lama" bernanah di 2 jari saja dan membengkak mengeluarkan cairan terus menerus , nyeri,basah tetapi tidak gatal,, itu gimana ya meredakannya dan agar cepat mengering dok dan obat apa yg saya beli terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, Z

Sebelumnya terima kasih telah mempercayakan tim dokter SehatQ untuk menjawab pertanyaan seputar keluhan kesehatan anda.

Mengenai keluhan yang anda alami, dalam dunia kedokteran dikenal sebagai Abses.

Abses merupakan suatu kondisi dimana kulit terinfeksi oleh bakteri sehingga menimbulkan peradangan disertai dengan nanah sebagai akibat dari "Pertarungan" antara sistem kekebalan tubuh dengan bakteri yang menginfeksi kulit dan jaringan disekitarnya.

Abses dapat timbul diseluruh permukaan kulit termasuk di jari tangan seperti yang terjadi pada anda. Abses juga dapat terbentuk dengan berbagai ukuran baik kecil maupun besar yang lebih dikenal oleh masyarakat dengan istilah bisul.

Karena abses merupakan infeksi bakteri, sudah seharusnya diterapi mengunakan salep antibiotik dan/atau obat antibiotik minum. Biasanya dokter juga akan meresepkan salep antibiotik yang sudah dikombinasi dengan antiinflamasi untuk meredakan peradangan yang terjadi di sekitar abses.

Segera periksakan keluhan anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan edukasi dan tatalaksana lebih lanjut dan pastikan daerah yang terdapat nanah betul-betul bersih dan terbebas dari air maupun kotoran agar keluhan tidak semakin berlanjut.

Salam sehat,

 

dr. Putra Anugrah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

selain duri, landak laut juga memiliki racun

Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama Tertusuk Duri Landak Laut

Tertusuk landak laut atau bulu babi bisa jadi merupakan kesalahan manusia yang tidak sengaja menyentuh atau menginjaknya. Jika ini terjadi, segera lakukan pertolongan pertama tertusuk bulu babi.