Jari tangan gatal tak kunjung sembuh bercampur gelembung

Y Info Penanya: Y, Pria, 41 Tahun
Dok...jari tangan saya gatal kok Ndak kunjung2 sembuh.Sampai ada gelembung air bercampur nang,Gimana obatnya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam Y

Jari tangan gatal disertai gelembung air yang tidak kunjung sembuh paling sering disebabkan 2 hal yaitu infeksi jamur dan infeksi parasis skabies, reaksi alergi dermatitis kontak. 

Pada infeksi parasit skabies biasanya gatal di jari hingga sela sela jari, terkadang sampai ke selangkangan dan kelamin, gatal terjadi saat malam hari karena aktifitas parasist. Untuk infeksi skabies saya sarankan anda mencuci bersih dengan air hangat semua pakaiam, membersihkan tempat tidur dan menjaga kebersihan tubuh. Untuk obat gatal bisa diberikan golongan antihistamin,  untuk membunuh parasit dapat diberikan cream skabies yang dipakai seluruh tubuh dan di cuci bersih setelahnya

Pada infeksi jamur seperti kandidiasis biasanya gatal disertai keringat dan bruntus kulit terkelupas memberat saat berkeringat.

Selain itu gatal pada jari juga dapat terjadi pada dermatitis kontak alergi seperti akibat penggunaan kosmetik, penggunaan sarung tanga yg buat alergi. Biasanya akibat paparan pada benda yang membuat reaksi radang pada tangan dan jari.

saya sarankan anda untuk berkonsultasi dengan dokter Sp.KK untuk memastikan penyebab gatal dan bruntus cairan di jari.

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Waspadai infeksi cacing tambang dengan menjaga kebersihan hewan peliharaan

Hati-hati, Binatang Peliharaan Dapat Tularkan Infeksi Cacing Tambang

Penularan infeksi cacing tambang bisa datang dari binatang peliharaan. Binatang peliharaan yang paling berisiko menularkan cacing tambang adalah kucing dan anjing. Cara mencegah penularan cacing tambang adalah dengan memberikan obat anticacing.