Kenapa muncul benjolan di jari?

IS Info Penanya: IS, Wanita, 22 Tahun
Saya mau nanya, jari telunjuk saya awalnya nyeri seperti ada sesuatu yang menusuk namun saat saya liat tidak menemukan benda tersebut malah semakin lama jari telunjuk tangan saya membenjol dan sakit. Awalnya saya kira didalam benjolan tersebut terdapat cairan dan saya coba buat merobek benjolan tersebut ternyata tidak ada cairan malah seperti daging namun transparan. Saat di letakkan dekat lampu atau penerangan lain benjolan tersebut terlihat seperti transparan tidak memiliki daging. Itu kenapa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi IS,

Kista ada benjolan yang dapat terbentuk di bagian tubuh mana saja, dan seringkali tidak menimbulkan masalah selama ukurannya tidak besar dan tidak menjepit saraf. Bila benjolan yang muncul pada ruas jari bisa akibat kista ganglion.

Namun selain kista, ada benjolan-benjolan lain yang dapat tumbuh di tubuh seperti abses. Abses ini akan menimbulkan keluhan nyeri, bengkak, kemerahan, dan teraba panas akibat adanya proses peradangan infeksi bakteri. Benjolan ini biasanya akan tampak berisi nanah.

Benjolan lain yang mungkin terjadi adalah mata ikan akibat lapisan kulit yang menebal. Benjolan ini biasanya muncul akibat gesekan yang berulang-ulang.

Karena penyebabnya belum jelas, sementara yang dapat Anda lakukan agar benjolan tidak semakin besar adalah :

  • Kompres menggunakan air hangat.
  • Benjolan jangan ditekan-tekan.
  • Minum paracetamol bila nyeri dirasakan sangat parah.

Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat untuk memastikan penyebab benjolan tersebut, terutama bila benjolan semakin bertambah besar.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh IS
19 Apr 2020, 00:20
Benjolan tersebut seperti kapalan, namun sangat sensitif saat tersentuh akan terasa sakit. Jadi setiap kali saya mau potong kuku pada ujung jari telunjuk kiri rasanya tidak nyaman karena terasa sakit. Dan apabilq terlalu laka terkena bawak atau air terlihat jelas ada bentuk lingkaran pada benjolan tersebut. Itu bagaimana ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
19 Apr 2020, 08:11
Selamat pagi IS,
Bila benjolan tampak seperti kapalan maka akibat mata ikan (clavus). Bila benjolan sudah timbul rasa nyeri, maka lakukan pemeriksaan ke dokter karena benjolan tersebut butuh dibuang dan mungkin butuh sedikit dijahit.
Salam sehat,
dr. Vina
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mekanisme kerja antibiotik adalah menghentikan bakteri berkembang biak sekaligus menghancurkannya

Bagaimana Mekanisme Kerja Antibiotik Agar Ampuh Lawan Bakteri?

Sebelum minum antibiotik, pastikan infeksi yang dialami memang disebabkan karena bakteri. Mekanisme kerja antibiotik bisa saja gagal membunuh bakteri apabila tubuh seseorang mengalami resistensi.