Jari kelingking bagian atas bengkok apa pertanda gangguan jantung?

H Info Penanya: H, Wanita, 19 Tahun
Assalamualaikum dok,saya ingin bertanya. Saya pernah belajar tentang analisa suatu penyakit melalui telapak tangan. Dan dibuku itu serta dosen saya juga mengatakan dari analisa jika jari kelingking bagian atas itu bengkok menandakan ada gangguan pada organ jantung. Apakah benar dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang H,

Bila dalam dunia medis, tidak ada gangguan jantung yang spesifik menyebabkan jari kelingking bagian atas menjadi bengkok. Namun dalam dunia medis untuk penyakit jantung bawaan seperti jantung bocor pada ASD, VSD, dan PDA ditemukan adanya  clubbing finger pada pemeriksaan fisik penderita, dimana seluruh ujung jari-jari tangan dan ujung jari-jari kaki akan membulat dan membesar. Ujung jari-jari yang membesar ini merupakan pertanda bahwa penderita kekurangan oksigen dalam jangka waktu yang lama akibat jantung bocor yang dialami sejak lahir. Sekat-sekat yang ada di dalam jantung tidak menutup sempurna sehingga terjadi percampuran antara darah bersih dan darah kotor.

Untuk penyakit jantung sendiri memiliki gejala dan pemeriksaan fisik yang berbeda-beda seperti :

  1. Jantung koroner. Penderita akan mengalami keluhan nyeri dada, sesak, keringat dingin, mual, muntah.
  2. Kelainan jantung bawaan. Pada penyakit ini biasanya sudah bergejala sejak bayi lahir seperti bibir biru bila menangis, tampak sesak napas, dan berat ringannya gejala tergantung dari seberapa besar kerusakan yang ada di jantung.
  3. Miokarditis. Merupakan peradangan pada otot jantung.
  4. Atrial fibrilasi. Merupakan gangguan irama jantung dimana jantung seseorang akan berdetak sangat cepat, kadang hingga tampak dari luar.

Masih banyak penyakit jantung lainnya, namun tidak ada penyakit jantung yang spesifik menyebutkan ada tanda berupa jari kelingking yang bengkok.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung seperti hindari makanan berlemak, perbanyak konsumsi sayur dan buah, minum air putih minimal 2 liter per hari, hindari rokok, serta istirahat secara teratur.

Bila ada keluhan seperti nyeri dada, sesak napas, dada berdebar, sebaiknya periksakan diri ke dokter spesialis jantung atau Rumah Sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti rekam jantung (EKG), USG jantung.

Sekian yang dapat saya sampaikan dari segi ilmu medis.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara membaca EKG memerlukan analisis dokter yang dikaitkan dengan keluhan pasien dan hasil pemeriksaan fisik

Sebagai Pasien, Perlukah Kita Memahami Cara Membaca EKG?

Setelah menjalani tes EKG (elektrokardiogram), Anda mungkin mengalami kebingungan bagaimana cara membaca EKG. Sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk memahami hasil tes EKG.