Jarang haid dan mengalami keputihan, apa penyebabnya?

FA Info Penanya: FA, Wanita, 20 Tahun
Malam dok, saya mau bertanya. Saya jarang haid tapi saya keputihan dok, keputihannya juga sepertinya normal krna tidak berbau atau berubah warna, tpi pas memasuki awal puasa kmren baru sekali sya bercak kya kecoklatan gtu dok seperti flek tpi tidak terlalu hanya sedikit saja bercaknya itu juga baru sekali itu dok. Dan sya ini jarang sekali haid bisa kadang 6bln sekali baru haid atau 8bln sekali baru haid, tidak prnh haid yg teratur yang setiap 1 bln sekali. Apakah itu bermasalah atau tdk dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FA,

Amenorea adalah kondisi dimana tidak mengalami haid dalam 3 siklus berturut-turut atau jika lebih dari 90 hari tidak mengalami haid. Normalnya sendiri siklus menstruasi adalah setiap 21-35 hari sekali dan perdarahan terjadi selama 3-7 hari.

Penyebab siklus menstruasi tidak teratur

Apabila haid sering kali timbul 6 bulan atau 8 bulan sekali, perlu dilakukan pemeriksaan dimana penyebabnya diantaranya seperti:

  • Masalah reproduksi seperti sindrom ovari polikistik atau PCOS ataupun masalah anatomi sistem reproduksi
  • Penurunan berat badan yang drastis
  • Stres fisik dan mental
  • Sering olahraga berat
  • Masalah hormonal
  • Masalah kesehatan lain seperti gangguan tiroid
  • Efek obat tertentu ataupun penggunaan kontrasepsi

Tidak jarang kondisi ini bisa menimbulkan sejumlah gejala seperti sering sakit kepala, flek dari vagina, keluar cairan dari puting susu, nyeri di panggul, mengalami kerontokan rambut, muncul bulu-bulu halus pada wajah dan lainnya.

Untuk itu ada baiknya memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan agar dilakukan pemeriksaan dimulai dari wawancara medis, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan lab darah, pemeriksaan hormonal, pemeriksaan USG dan pemeriksaan lain yang diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kelainan endometrium dapat menjadi penyebab gangguan kesuburan atau infertilitas

3 Kelainan Endometrium yang dapat Memicu Sulit Hamil

Kelainan pada endometrium dapat menganggu kesuburan yang berakibat sulit hamil. Ada tiga kelainan endometrium yang harus Anda waspadai, yaitu endometriosis, Endometrial hyperplasia, dan kanker endometrium.