Jarang buang air kecil pada balita ketika sakit

DE Info Penanya: DE, Wanita, 1 Tahun
Anak saya yg berusia 18bln sedang sakit demam,batuk,pilekDari tadi sore sampai menjelang pagi kok belum buang air kecil sama sekali padahal minum air putih juga banyak,kira-kira ini normal atau gimana
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, DE.

Jarang buang air kecil merupakan salah satu tanda adanya sesuatu yang tidak tepat di dalam tubuh seseorang. Dalam bahasa medis jarang buang air kecil tersebut dikenal dengan oliguria. Oliguria sendiri pada dasarnya merupakan keadaan saat jumlah urine yang dikelurkan sedikit, sehingga frekuensi berkemih menjadi jarang.

Pada bayi, jumlah normal urine per jam nya adalah 1-2 mililiter per kilogram berat badannya, serta 0,5-1 mililiter per kilogram berat badan perjam untuk anak.

Adapun penyebab dari oliguria yang meliputi :

  • kekurangan cairan hingga dehidrasi
  • cedera tubuh yang serius
  • gangguan dan penyumbatan pada saluran kemih
  • konsumsi obat-obatan tertentu seperti ibuprofen, antibiotik tertentu dan lain-lainnya

Mengenai keluhan pada anak Anda, beberapa kemungkinan diatas seperti konsumsi obat pereda panas tertentu, serta keadaan dehidrasi yang disebabkan penguapan cairan tubuh melalui keringat akibat demam pun dapat terjadi.

Untuk sementara Anda dapat mencoba menampung dan menghitung urine yang dikeluarkan oleh anak Anda, dibandingkan dengan nilai normal yang telah dirumuskan diatas. Jika ada penurunan beri anak lebih banyak cairan, jika perlu dibantu dengan oralit.

Jika buang air kecil menjadi semakin jarang segeralah memeriksakan anak Anda ke fasilitas kesehatan darurat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Operasi mata juling dapat kembalikan rasa percaya diri pada anak

Operasi Mata Juling Untuk Mengembalikan Rasa Percaya Diri Anak

Mata juling adalah kondisi di mana posisi kedua mata tidak sejajar. Akibatnya, mata tidak bisa bersamaan melihat suatu objek. Operasi mata juling bisa sebagai pilihan untuk langkah penyembuhan.