Jarak kelahiran dan over weight

R Info Penanya: R
saya usia 39 th, sekarang saya hamil masuk minggu 28 jarak kelahiran dengan anak pertama 13th anak pertama lahir normal, berat badan saya sekarang 100 kg. apakah saya bisa lahiran normal ataukah harus operasi caesar?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam R,

Persalinan normal tentu saja diharapkan oleh setiap wanita, karena selain merasa dapat menjadi ibu yang seutuhnya juga ada faktor pertimbangan lain yaitu bekas melahirkan yang cepat sembuh sehingga dapat lebih cepat beraktivitas seperti normal, dan biaya yang dikeluarkan pun lebih murah bila dibanding dengan operasi caesar.

Untuk persalinan normal sendiri tergantung beberapa kondisi, baik pertimbangan dari segi kondisi Anda maupun kondisi janin Anda seperti :

  1. Dengan bertambahnya usia diatas 35 tahun lebih berisiko bila melahirkan secara normal.
  2. Adanya faktor penyulit lain seperti asma, diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, obesitas juga mengurangi kemungkinan untuk persalinan normal.
  3. Letak plasenta juga menentukan bisa lahiran normal atau tidak.
  4. Semakin besar berat janin juga seringkali menimbulkan persalinan macet saat melahirkan secara normal, terlebih bila Anda memiliki panggul sempit.

Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk menentukan berat ringannya risiko bila Anda melakukan persalinan normal, dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan USG dan melihat kondisi Anda sehingga bisa menyarankan metode persalinan apa yang terbaik bagi Anda dan janin.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai gerakan senam hamil yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah

Bugarkan Tubuh dengan 7 Gerakan Senam Hamil yang Mudah Ini

Senam hamil bisa menjadi pilihan bila Anda tak ingin mengeluarkan keringat berlebihan. Dari berbagai gerakan senam hamil, ada beberapa gerakan yang dapat meningkatkan kelenturan maupun kekuatan tubuh para calon ibu.