24 Jul 2021, 13:06Pernapasan

Jarak antara vaksin Covid pertama dan kedua

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 30 Tahun
Dok, apakah setiap jenis vaksin memiliki jarak anatra vaksin dosisi pertama dan kedua sama? Apa jadwal pemberian dosis pertama dan kedua vaksin covid?
680 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi FF,Vaksin Covid-19 adalah zat yang merangsang pembentukan antibodi terhadap virus penyebab Covid-19. Ada berbagai jenis dan merek vaksin, dan masing-masing merangsang pembentukan antibodi dengan cara yang berbeda-beda. Oleh karena itu, jarak rentang waktu pemberian dosis pertama dan kedua pada masing-masing merek akan berbeda.Di Indonesia, saat ini ada tiga merek vaksin yang diberikan kepada masyarakat umum. Berikut merek dan jarak pemberian vaksin dosis pertama dan keduanya:
  • Sinovac, dengan jarak pemberian 28 hari
  • Sinopharm, dengan jarak pemberian 21 hari
  • Astra Zeneca, dengan jarak pemberian 12 minggu
Selain tiga merek tersebut, ada juga beberapa merek yang belum diberikan ke masyarakat umum di Indonesia, seperti Pfizer dan Moderna. Kedua vaksin tersebut juga memiliki jarak pemberian yang bervariasi.Perlu diketahui bahwa vaksinasi dianjurkan diberikan dua dosis, untuk mencapai pembentukan antibodi yang lebih maksimal. Pada saat pertanyaan ini dijawab yaitu bulan Juli 2021, seluruh masyarakat Indonesia yang kondisi kesehatannya memenuhi syarat untuk divaksin sudah boleh mendapatkannya. Jika Anda belum divaksin dan ingin tahu apakah Anda memenuhi syarat atau tidak, coba isi kuisioner ini ya.Untuk informasi lebih lanjut terkait vaksinasi atau ada keluhan lain mengenai kesehatan, konsultasikan kepada dokter melalui fitur chat dokter ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
vaksin lansiacoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil