Dada terasa panas, penyakit apakah itu?

UI Info Penanya: UI, Wanita, 1 Tahun
Saya utami umur 23 Dok dua hari ini dada saya terasa panas menjalar kepundak..terus saya sering pusing mual dan muntah..tangan dan kaki juga sering dingin saat Bab karna BAB saya sekarang berlebihan dok 1 hari bisa 3 kali dan sering buang air kecil dok tidak seperti biasanya...lidah saya terasa pahit dan asam dok kira2 saya sakit asam lambung atau gejala jantung ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, U.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Dada yang terasa panas merupakan suatu kondisi yang bisa disebabkan karena naiknya asam lambung akibat maag kronis atau yang dikenal dengan GERD, gangguan pada jantung, dan gangguan pada paru-paru. Sedangkan, sering terasa pusing dan mual disertai dengan BAB yang sering merupakan suatu kondisi dimana terdapat gangguan pada pencernaan Anda. Bisa merupakan infeksi bakteri atau virus, bisa juga akibat gangguan asam lambung. 

Untuk memastikannya, dibutuhkan pemeriksaan fisik langsung yang didukung juga dengan pemeriksaan penunjang seperti laboratorium darah, EKG, dll. Anda bisa melakukan pemeriksan ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat diperiksa dan diberikan terapi yang tepat. 

Untuk mengatasi keluhan Anda, Anda dapat melakukan tips berikut ini:

  • Bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol.
  • Perbanyak istirahat.
  • Mengkonsumsi obat lambung seperti antasida. 
  • Perbanyak minum air putih.
  • Konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan
  • Kurangi konsumsi makanan yang pedas, berminyak, dan yang asem.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Konsumsi folat dari bahan pangan alami untuk dapatkan manfaat asam folat dengan optimal

Manfaat Asam Folat Tak Hanya Baik untuk Ibu Hamil

Semua orang memerlukan asam folat, tak hanya ibu hamil. Salah satu jenis vitamin B ini sangatlah penting karena berfungsi mencegah berbagai gangguan kesehatan. Apa sajakah manfaat asam folat tersebut?