Jantung tiba-tiba berdetak tak beraturan dan sesak nafas jika sedang merasa gelisah, kira-kira kenapa ya?

MA Info Penanya: MA, Pria, 2019 Tahun
Jantung tiba" bedetak tak beraturan dan sesak nafas jika sedang merasa gelisah, kira" kenapa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MA

Terima kasih atas pertanyaannya.

Penyebabnya belum diketahui, tapi faktor yang berperan adalah genetika, struktur otak, perubahan tertentu dalam otak serta stres berat, temperamental, atau depresi. Gejala juga bisa timbul tiba-tiba tanpa pemicu. Gejala yang dimaksud seperti sensasi sesak nafas, mati rasa (baal), tercekik, berdebar-debar, berkeringat, mual, nyeri dada, mengigil, pusing, bahkan pingsan.

Untuk menanganinya lebih baik dibantu oleh Dokter atau Psikolog, dan melakukan beberapa hal seperti latihan teknik relaksasi untuk menangani stres, olahraga teratur, istirahat yang cukup, menghindari kafein, rokok atau alkohol. Dan harus diceritakan kepada orang terdekat anda untuk meringankan beban. Saya lampirkan juga artikel mengenai cara mencegah serangan panik.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara menghilangkan rasa takut pada penderita fobia adalah terapi perilaku kognitif

Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Takut pada Penderita Fobia

Rasa takut adalah respons tubuh yang alamiah. Namun, rasa takut yang terjadi terus-menerus dapat menjadi fobia. Penderita fobia memerlukan penanganan khusus sebagai cara menghilangkan rasa takut yang dirasakan. Beberapa terapi yang umum digunakan sebagai cara menghilangkan rasa takut pada penderita fobia, antara lain terapi perilaku kognitif dan terapi pemaparan.