Kenapa jantung sering berdebar debar jika perut sakit?

NN Info Penanya: NN, Wanita, 27 Tahun
Dok sy ibu rumah tangga usia 27th..jantung saya sering berdebar Dok kalau perut saya kurang sehat apa ini karena magh y Dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NN,

Jantung yang berdebar-debar adalah gejala yang dapat dipengaruhi beragam hal dimana bisa dikatakan tidak normal jika jantung berdetak lebih dari 100 kali dalam semenit dan disebut dengan takikardia.

Jantung yang berdetak kencang sendiri bisa disebabkan oleh adanya aktivitas fisik yang lebih berat, cemas, stres, mengalami nyeri atau sakit pada area tubuh lain, mengalami gangguan jantung, mengalami gangguan kesehatan lain seperti misalnya gangguan tiroid, ataupun karena asupan makanan dan minuman tertentu seperti kopi atau kafein.

Dalam hal ini apabila ada nyeri perut bisa memicu jantung berdebar karena rasa nyeri yang dialami. Tidak jarang kondisi ini sering kali dikhawatirkan dan mirip dengan gejala sakit jantung. Untuk itu perlu tahu apa yang menjadi penyebabnya ataupun bisa dilakukan pemeriksaan pada dokter dimana nantinya akan dilakukan wawancara mengenai gejala yang timbul, dilakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan rekam jantung atau EKG, lab darah dan pemeriksaan tambahan lain seperti misalnya stres tes dengan treadmill atau echocardiografi jika diperlukan.

Untuk itu perlu juga perhatikan apa pemicu sakit perutnya seperti misalnya jangan melewatkan waktu makan atau terlambat makan, perhatikan pola makan, konsumsi makanan yang tidak mengiritasi lambung, bisa konsumsi antasida sebelum makan, perbanyak minum air putih, kelola stres, olahraga teratur dan lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Buah alpukat tidak bersifat asam dan aman untuk penderita asam lambung

Terbukti Aman, Ini Daftar Buah untuk Asam Lambung yang Bersahabat

Untuk menghindari asam lambung naik, buah yang aman untuk penderita GERD adalah yang tidak bersifat asam seperti alpukat, apel, berries, melon, persik, dan pisang.