18 Dec 2020, 02:00Penyakit Lainnya

Nyeri ulu hati saat tidur, apa penyebabnya ?

R2
Info Penanya: R20
Dok saya ingin bertanya??Akhir ini saya sangat susah tidur dok,sekalipun tidur kadang gak sampe 20 menit,dan jantung juga detaknya sangat kencang dok,dada seolah berat saat bernafas dan tenggorokan berasa beda dari sebelumnya,sakit perut sekitar uluh hati dan sakit kepala bagian belakang dan sampin, kira2 itu kenapa dok????
4263 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam R,Berdasarkan kondisi suadara R mengarah pada adanya gangguan pada lambung yang disebut dengan GERD (gastroesophagel reflux). GERD merupakan suatu penyakit akibat maag kronis. Asam lambung yang sering meningkat menyebabkan iritasi pada pintu (katup) lambung yang memisahkan lambung dan kerongkongan sehingga asam lambung tidak dapat naik ke atas. Iritasi pada katup lambung ini membuat fungsinya terganggu sehingga sering kali asam lambung naik dan kemudian mengiritasi kerongkongan dan menyebabkan sensasi panas di dada dan leher, rasa sesak, nyeri pada ulu hati. Rasa sakit membuat jantung berdebar-debar dan berkeringat dingin. Perut terasa begah dan kembung sehingga tidak nafsu makan. Gejala lainnya pusing, lemas, mual, atau muntah.Penyebab GERD sebagian besar karena kebiasaan hidup yang kurang baik. Kebayakan penderita hanya mencari obat untuk kesembuhan tetapi tidak dibarengi dengan perubahan pola hidup sehingga terus terjadi kekambuhan dan merasa obat tidak ada efek lagi.

Kunci dari kesembuhan adalah perubahan pada pola hidup yang lebih sehat pada GERD seperti :

  • Mengurangi kopi atau teh
  • Tidak merokok atau minum alkohol
  • Hindari makan pedas, asam, santan, lemak, gorengan, jeroan 
  • Pola makan teratur, porsi sedikit tetapi sering (3 x makan pokok, 2 x camilan)
  • Hindari posisi tidur setelah makan
  • Perbanyak minum air putih
  • Olahraga rutin 4 x seminggu selama minimal 30 menit
  • Menghindari stres
  • Tidak bergadang
  • Istirahat cukup
Selain itu pada saat gejala kambuh anda dapat mengkonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter untuk mengurangi asam lambung sebelum makan. Apabila setelah melakukan hal-hal tersebut gejala masih tidak berkurang sebiaknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengna endoskopi atau usg. Penyakit maag kronis dan GERD bila dibiarkan bisa menyebabkan peradangan pada lambung yang disebut dengan Gastritis.Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Pany CL
asam lambunggerdtukak lambungdispepsiagastritis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil