Jantung terasa nyeri, apakah penyebabnya?

K Info Penanya: K
Halo dok, saya mau nanya kenapa setiap kali jantung saya berdetak itu rasanya sedikit sakit, jika tangan saya ditempelkan kan jantung itu sakit nya mereda, dan terkadang bersaaman dengan jantug berdetak kepala saya juga sakit, mohon diberi penjelasan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, K

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Nyeri yang dirasakan di jantung bisa merupakan suatu gejala yang muncul dari beberapa hal terkait penyakit jantung atau justru bukan karena penyakit jantung itu sendiri. Beberapa penyakit jantung seperti aritmia, angina pectoris, penyakit jantung bawaan dan lain sebagainya. Sedangkan untuk kondisi diluar jantung, baisanya nyeri bisa dikarenakan rasa tidak nyaman pada dada yang timbul akibat adanya masalah perncernaan (GERD), kecemasan yang berlebih, psikosomatis, penyakit paru-paru, atau karena adanya cedera pada otot dan tulang dada.

Nyeri yang imbul pada penyakit penyakit jantung ini bebeda-beda tergantung dari penyebabnya. apakah karena irama jantung yang bermasalah, adanya sumbatan pada pembuluh darah jantung, atau karena kondisi medis lainnya.

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang  seperti elektrokardiograf (EKG) yang berfungsi untuk merekam aktifitas dari kelistrikan jantung. Sehingga disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis jantung terdekat. 

Usahakan tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang, hindari alkohol dan merokok, serta cukupi kebutuahn cairan harian Anda. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gagal jantung kiri yang parah dapat menjadi pemicu utama gagal jantung kanan

Ada Gagal Jantung Kiri dan Gagal Jantung Kanan, Apa Perbedaannya?

Gagal jantung kiri dan gagal jantung kanan ternyata memiliki perbedaan. Penyebab gagal jantung kiri biasanya ada gangguan lainnya pada jantung, sedangkan gagal jantung kanan disebabkan oleh penyakit medis lain.