jantung habis berbaring dan berdiri terasa lebih cepat, seperti ada skip

CG Info Penanya: CG, Pria, 2019 Tahun
kenapa jantung saya kalo 1.habis berbaring terus berdiri terasa lebih cepat banget2.kalok habis berdiri terus berbaring lagi jantung saya itu ada skip nya kenapayaaamohon jawabanya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam C

Posisi berbaring membuat jantung memompa darah lebih ringan, sehingga saat berubah posisi seperti berdiri bisa saja terjadi perubahan hemodinamik untuk memompa darah lebih dengan tanda memacu denyut jantung lebih cepat. Harusnya kondisi ini tidak terlalu dikhawatirkan, namun juga terjadi perbedaan irama jantung seperti ada rasa denyut yang dilewatkan bisa jadi sedang terjadi gangguan aritmia/ irama jantung yang berbahaya. 

Saya sarankan agar anda melakukan istirahat, perbanyak minum air putih, hindari stress, kurangi kafein, hindari rokok. Anda juga sebaiknya memeriksakan diri dengan dokter spesialis jantung untuk mengetahui kondisi irama jantung anda.

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Melakukan meditasi di alam terbukadapat memperkuat tubh dan membantu Anda lebih rileks

Terapkan Cara Menjaga Kesehatan Mental Berikut, demi Jantung Sehat

Menangani gangguan stres dan kecemasan dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Beberapa cara untuk menjaga kesehatan mental, antara lain memotivasi diri, olahraga teratur, istirahat cukup, dan meditasi.