Jantung berdetak lebih kencang karena apa?

A Info Penanya: A
Selamat malam dokter. Saya ingin bertanya. Beberapa hari ini saya sering merasakan jantung saya berdetak sedikit lebih kencang dari biasanya. Saya juga punya darah tinggi dan saat ini tensi saya 160. Kegiatan saya senin-sabtu mengajar dari pagi hingga malam. Sebenarnya kenapa ya dokter, apakah ini disebabkan tekanan darah saya yg tinggi atau memang ada penyebab lainnya? Terima kasih dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Tekanan darah tinggi adalah ketika tekanan darah sistolik atau ketika darah dipompa ke seluruh tubuh berada di tekanan lebih dari 130 mmHg dan tekanan diastolik ketika jantung beristirahat lebih dari 90 mmHg. Jika dalam 2 kali pemeriksaan di waktu yang berbeda tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg maka termasuk pada tekanan darah tinggi. 

Kondisi tekanan darah sendiri sangat fluktuatif dimana dapat dipengaruhi beragam hal mulai dari pikiran, asupan makanan dan minuman, pola istirahat, aktivitas fisik, kondisi kesehatan secara umum, faktor keturunan dan lainnya. Jadi diperlukan pemeriksaan lebih dari 1 kali di waktu yang berbeda untuk mengkonfirmasi seseorang memiliki tekanan darah tinggi. Jika nantinya memang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi maka perlu melakukan perubahan gaya hidup dan juga pengobatan. Perlu mengonsumsi obat antihipertensi setiap harinya untuk menjaga tekanan darah tetap normal dan juga membatasi asupan garam, perbanyak minum air putih, olahraga teratur dan mengatasi faktor pemicunya seperti asupan kafein, kurang tidur dan lainnya.

Jika jantung berdebar perlu diperhatikan apabila lebih dari 100 kali permenit maka termasuk pada takikardia atau detak jantung yang lebih cepat dari normal. Untuk memastikannya bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan rekam jantung untuk menilai kondisinya. Penyebabnya juga beragam mulai dari pikiran, gangguan katup jantung, dan penyebab lain.

Upayakan juga bisa tetap mengelola stres, istirahat dengan baik, dan menjaga pola keseharian agar menjaga kesehatan tubuh terutama jantung dan tekanan darah agar terhindar dari risiko kesehatan seperti stroke, serangan jantung dan penyakit lainnya. Lakukan pemeriksaan kesehatan berkala agar mendapat penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Baiknya tidak minum kopi lebih dari enam cangkir sehari agar tidak menimbulkan masalah kesehatan

Berapa Batas Maksimal Minum Kopi Sehari yang Baik untuk Tubuh?

Minum kopi dalam satu hari sebaiknya tidak melebihi batas maksimal. Hasil studi terbaru menyarankan untuk tidak meminum kopi lebih dari enam cangkir dalam satu hari. Konsumsi kopi berlebihan dapat memicu penyakit jantung dan gangguan lain.