Jantung berdetak kencang dan susah bernapas.

HS Info Penanya: HS, Wanita, 18 Tahun
Selamat pagi dok, saya mau nanya dok, jantung saya dalam bulan ini sering sekali detak nya tidak teratur. Berdetak lebih cepat tanpa ada hal tertentu yang mempengaruhi nya dok. Terus saat jantung bedetak cepat saya merasa susah bernafas dok. Apa yang terjadi pada jantung saya ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HSSA,

Banyak faktor yang menyebabkan jantung seseorang berdetak dengan kencang seperti :

  1. Faktor psikologis. Perasaan cemas, kaget dapat memicu jantung berdetak lebih cepat. Biasanya keluhan ini disertai dengan keringat dingin, pusing, mata berkunang-kunang, sesak napas hingga rasanya seperti mau pingsan.
  2. Hipertiroid. Hormon tiroid yang berlebih akan menyebabkan jantung berdetak lebih cepat, tangan gemetaran dan berkeringat, muncul benjolan di leher dan mata tampak lebih menonjol keluar.
  3. Konsumsi minuman berkafein, alkohol.
  4. Kondisi demam, dehidrasi juga dapat memicu jantung berdetak lebih kencang. Sehingga sangat perlu memperbanyak konsumsi air putih ketika sedang demam, muntah dan diare.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari jantung berdebar adalah :

  1. Hindari minuman berkafein, alkohol serta nikotin.
  2. Perbanyak aktivitas yang menyenangkan seperti olahraga, piknik agar dapat mengurangi stres.
  3. Perbanyak konsumsi air putih minimal 2 liter per hari, namun konsumsi air putih harus diperbanyak lagi ketika dalam kondisi demam, nyeri menelan, muntah atau diare.

Bila keluhan jantung berdebar sering kambuh tanpa sebab yang jelas, atau ada keluhan lain seperti teraba benjolan di leher, segera lakukan konsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dehidrasi saat puasa dapat dihindari dengan cara-cara yang tepat

6 Tips Jitu Ini Dapat Menghindari Dehidrasi saat Puasa di Bulan Ramadan

Orang yang berpuasa lebih cenderung berisiko mengalami dehidrasi. Dehidrasi tidak hanya menyebabkan rasa haus saja, tapi juga dapat menyebabkan komplikasi berat jika tidak ditangani. Oleh karena itu, kita harus menghindari dehidrasi saat puasa dengan cara memperbanyak makan buah hingga batasi asupan garam.