Jantung berdebar sampai terasa ke tenggorokan

AR Info Penanya: AR, Wanita, 2019 Tahun
Dok.. saya wanita berusia 23 th..Jam 8 malam saya makan daging..Sebelum tidur jam 10 malam sya minum susu coklat dan roti coklat..Setelah makan trsebut saat sy ingin tidur.. sya merasa jantung berdebar lebih cepat teras berbeda sampai tenggorokan..Kenapa ya ? Bagaimana mengatasinya ? Apa saya sensitif trhadap makanan trsebut ?Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam AR

Jantung berdebar dapat terjadi pada beberapa kondisi seperti aktivitas olahraga, melakukan aktivitas berat, adanya gangguan irama jantung.

Pada anda keluhan jantung berdebar terjadi pasca mengkonsumsi sesuatu, hal tersebut dapat menjadi tanda anda sensitif alergi atau keracunan makanan tersebut.

Reaksi alergi dapat terjadi pada sesaat terpapar alergi, gejala yang ditimbulkan dapat berupa gatal, bengkak kemerahan  di badan, mual dan muntah, rasa sesak nafas, tercekik di tenggorokan disertai jantung berdebar. Gejala keracunan makanan juga dapat menunjukkan gejala yang sama namun dominan mual dan muntah

Saya sarankan anda menghindari faktor pencetus alergi, jika terdapat keluhan setelah mengkonsumsi sesuatu sebaiknya ke depan anda hindari. Jika keluhan menetap sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter. 

Salam sehat

dr.Zulham

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Takut berat badan naik sehingga tidak mau makan adalah hasil dari pola asuh anak yang salah

Pola Asuh Anak yang Keliru Sebabkan Anoreksia, Kok Bisa?

Anoreksia nevrosa terjadi karena kombinasi banyak hal, salah satunya adalah pola asuh anak. Salah satu pola asuh anak yang berpotensi menimbulkan anoreksia adalah sering mengkritik, mempermalukan, dan menyalahkan anak.